Cobain Yuk, Sepedaan Keliling Waduk Sermo

Hanya satu jam berkendara dari pusat kota Yogyakarta, Kulonprogo menawarkan banyak destinasi alam yang tak hanya indah, namun keasriannya pun masih terjaga. Karena didominasi perbukitan, kabupaten ini pun memiliki sejumlah lokasi terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit maupun terbenam, dengan salah satunya yang populer adalah Waduk Sermo.

Foto: Instagram @caionugroz

Terletak di tengah-tengah perbukitan Menoreh, Waduk Sermo yang membendung Sungai Ngrancah ini tadinya merupakan lahan seluas 157 hektar bekas pemukiman penduduk. Kini, waduk tersebut menjadi salah satu atraksi wisata terbaik di Kulonprogo untuk menikmati alam.

Foto: Instagram @masdojogja

Kamu dapat sekadar duduk santai di tepiannya sembari menanti sunrise ataupun sunset, naik perahu sewaan untuk menyusuri setiap lekukan waduk yang berlatar hutan, atau bahkan bersepeda mengelilinginya. Dari area parkir, kamu dapat langsung memarkirkan kendaraan, kemudian gowes menyusuri trek di tepian waduk.

Foto: Instagram @dickychandrra

Memandang seberang waduk, jaraknya memang terlihat dekat. Namun jangan salah, satu putaran mengelilingi waduk ini jaraknya sekitar 17 kilometer. Tergantung kemampuan, kamu dapat gowes santai hingga lima kilometer kemudian kembali lagi ke lokasi parkir, atau benar-benar mengelilingi waduk tersebut dengan durasi sekitar dua jam untuk satu putaran. 

Foto: Instagram @bambangwahyu15

Jalurnya berupa jalanan beraspal yang berkelok-kelok, dengan beberapa titik berupa turunan curam. Karena itu, pastikan rem dalam kondisi prima. Bila lelah, kamu juga dapat beristirahat sejenak di tepi jalan yang ditumbuhi pepohonan. 

Foto: Instagram @chandrawidyanto_cyclist

Saat terbaik kemari adalah sore hari, ketika matahari yang terbenam di balik perbukitan menyisakan semburat oranye di langit yang tercermin pada air waduk yang tenang. Saking indahnya, jangan heran bila durasi gowes yang tadi disebutkan di atas bahkan bisa lebih lama kalau di sepanjang jalan kamu banyak berhenti untuk berfoto. 

Biaya masuk kawasan ini adalah Rp6.000 per orang, sementara biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Bila tidak membawa sepeda sendiri, kamu dapat menyewanya di Yogyakarta. Sindutrans.com, misalnya, menyediakan berbagai pilihan sepeda gunung dengan tarif mulai Rp80.000 per hari. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here