Melihat Indahnya Panorama Alam dari Puncak Bukit Sipandu

Foto: Instagram @ssagle_

Dari sekian banyak puncak yang ada di Dieng, ada satu di antaranya yang belum banyak diketahui wisatawan. Namanya Bukit Sipandu. Destinasi ini terbilang masih sepi, selain suasananya pun masih asri dan alami, sehingga cocok untuk self-healing.

Lokasinya sendiri ada di bawah Gunung Prau, tepatnya di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Puncaknya cukup tinggi, yakni mencapai 2.241 mdpl. Namun untuk mencapainya tak harus susah payah mendaki.

Foto: Instagram @iqbal_rahardian

Selain medan yang bersahabat, durasi pendakian hanya 30-40 menit bila tak banyak berhenti untuk berfoto atau beristirahat. Di sepanjang perjalanan pun, kamu akan disuguhi pemandangan yang indah, dari petak-petak perkebunan warga, hamparan padang ilalang, hingga birunya langit cerah.

Untuk mencapainya, kamu bisa menuju base camp yang terletak di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kamu bisa naik motor atau mobil menuju base camp, atau memanfaatkan transportasi umum hingga sampai Pawuhan. Dari jalan besar menuju base camp, kamu tinggal berjalan kaki sejauh 100 meter.

Foto: Instagram @kurniawn99

Setibanya di base camp, kamu bisa melakukan registrasi sekaligus menyewa peralatan berkemah yang dibutuhkan, seperti tenda dan sleeping bag. Biaya pendakian Rp10 ribu, sementara biaya parkir Rp10.000 untuk motor dan Rp20 ribu untuk mobil.

Ada dua pos pendakian yang akan dilewati, yakni Pos 1 (Ngebrack) dan Pos 2 (Savana Mereng). Perjalanan dari base camp menuju Pos 1 sekitar 15-20 menit melalui perkebunan warga maupun jalur menyerupai terowongan dengan tebing di kanan-kirinya.

Foto: Instagram @yedijatiez

Perjalanan ke Pos 2 akan lebih singkat, yakni sekitar 5-10 menit, dengan medan masih jalur tanah dengan perkebunan warga di sekelilingnya. Sesekali, kamu bakal menjumpai warga yang sedang melintas dengan sepeda motornya sembari membawa hasil panen.

Dari Pos 2 ke puncak juga tak jauh, hanya sekitar 5-10 menit dengan melewati jalur menanjak. Setibanya di puncak, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Prau maupun Gunung Sindoro di kejauhan, selain perbukitan hijau yang tampak berlapis-lapis di sekitarnya.

Foto: Instagram @bagasandhka

Kalau sedang cerah, kamu bisa menikmati indahnya paduan langit biru maupun hijaunya alam di sekitar. Jangan heran kalau durasi pendakianmu bisa lebih lama karena sibuk berfoto di beberapa titiknya yang fotogenik. Tak sedikit pula yang enggan pulang dan akhirnya memilih untuk berkemah di puncaknya.

Kalau berencana mendaki Bukit Sipandu via Pawuhan dan ingin menanyakan informasinya lebih lengkap, silakan menghubungi base camp via WhatsApp 085325044776 (Mas Sudarman).

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here