Mahoni Bike Park, Taman Bermain Sepeda di Sawangan, Depok

Foto: Instagram @izzatishot

Kegiatan bersepeda tak melulu harus kamu lakukan di jalan raya atau taman dan hutan kota. Buat kamu yang tinggal di Depok, ada sejumlah destinasi bersepeda yang bisa kamu tuju. Salah satunya adalah Mahoni Bike Park.

Terletak tepat di seberang gerbang masuk perumahan Telaga Golf, Kecamatan Sawangan, kawasan ini tadinya merupakan lahan kosong yang kemudian dimanfaatkan oleh komunitas sepeda di Depok dan sekitarnya sebagai bike park.

Foto: Dok. Google Maps/Muhamad Wildan

Oleh mereka, kawasan ini dinamai JAG Bike Park. Fasilitasnya saat itu belum sebagus seperti yang terlihat sekarang. Barulah belakangan bike park tersebut disempurnakan agar lebih layak untuk latihan bersepeda.

Pada Februari 2021, taman bermain sepeda tersebut diresmikan dan dibuka dengan nama Mahoni Bike Park. Menempati lahan sekitar delapan hektar, saat ini baru dua hektar yang dikembangkan sebagai bike park.

Foto: Dok. Google Maps/Muhamad Wildan

Namun, jalur dan fasilitasnya terbilang lengkap. Para pesepeda dapat menjajal trek XC sejauh sekitar satu kilometer, selain juga pump track, table top, drop flat, dan berm. Jadi, tempat ini cocok untuk melatih stamina maupun ketangkasan bersepeda, terutama untuk pemula.

Biar tetap aman dan nyaman selama bersepeda di sini, ada beberapa aturan yang wajib dipatuhi pengunjung. Selain memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat, pesepeda wajib mengenakan perlengkapan seperti pelindung kepala, tubuh, lutut, dan siku, selain juga sarung tangan.

Foto: Dok. Google Maps/Sepuluh Pahmadi

Pastikan sepeda dalam kondisi prima, dan bawa pula peralatan atau spare part sepeda, ban dalam, dan lainnya sebagai bentuk antisipasi bila kemungkinan terburuk terjadi.

Untuk menghindari kecelakaan, ketahui batasan kemampuan bersepeda dan jangan memaksakan diri. Selain itu, ikuti rambu-rambu di sepanjang trek dan berikan kesempatan pada pesepeda lain untuk mendahului untuk menghindari tabrakan.

Foto: Dok. Google Maps/Mahoni Bike Park Sawangan

Jangan pula berhenti di jalur sepeda, karena pihak pengelola telah menyediakan area tersendiri untuk beristirahat. Pesepeda juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan area bike park dan tidak merusak jalur sepeda.

Tidak ada tiket masuk untuk menikmati Mahoni Bike Park. Namun, pengunjung diimbau untuk ikut menyumbang uang pemeliharaan fasilitas bike park pada kotak yang telah disediakan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here