Ke Belitung, Jangan Lewatkan Snorkeling di 5 Spot Ini!

Dapat diakses dari Jakarta dengan naik pesawat selama satu jam, Belitung merupakan salah satu destinasi sempurna untuk melewatkan akhir pekan. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, namun salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah snorkeling.

Dikelilingi oleh deretan pantai yang menawan maupun pulau-pulau mungil di sekitarnya, Belitung menawarkan banyak sekali spot snorkeling yang bisa kamu kunjungi. Berikut beberapa di antaranya yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Pulau Lengkuas

Bahkan sebelum menjejakkan kaki di pulau ini, kamu bisa melihat mercusuar peninggalan era kolonial yang menjulang di antara hamparan bebatuan granit maupun pepohonan di sekitarnya.

Biasanya, wisatawan datang kemari untuk berburu foto karena banyak objek yang menarik, terutama ketika cuaca cerah dan hasil foto tampak maksimal dengan langit biru dan perairan pirus. Tak sedkit pula yang menaiki mercusuar untuk melihat panorama dari ketinggian.

Namun, bagi yang ingin snorkeling, kamu bisa langsung menuju spot di sisi kanan pulau. Perairannya yang jernih dan relatif tenang serta beragam biota di bawah lautnya membuat aktivitas snorkeling pun makin menyenangkan.

2. Pulau Burung

Kalau Pulau Lengkuas terkenal dengan mercusuarnya yang ikonik, Pulau Burung punya batuan granit raksasa yang bentuknya menyerupai kepala burung. Selain cantik di darat dengan susunan batu granitnya yang eksotis, perairan di sekitarnya pun merupakan salah satu spot terbaik untuk snorkeling di Belitung.

3. Pulau Pasir

Pulau yang hanya berupa hamparan pasir tanpa bebatuan dan pepohonan ini hanya bisa kamu kunjungi saat air laut surut. Di saat itu jugalah kamu bisa berjalan-jalan dan berfoto dengan latar laut lepas yang indah, atau snorkeling di perairannya yang sangat jernih.

Di pulau ini maupun perairan sekitarnya, kamu bisa dengan mudah menjumpai bintang laut berukuran besar. Namun, cukup amati saja kecantikannya, jangan pernah tergoda untuk mengangkat atau menyentuhnya, apalagi membawanya ke darat untuk properti foto.

4. Pulau Kepayang

Merupakan yang terbesar di antara belasan pulau lain di utara Belitung, Pulau Kepayang yang hanya 15 menit naik kapal dari Tanjung Kelayang ini menyuguhkan hamparan pasir putih yang membentang dari sisi tenggara hingga selatan.

Selain merupakan pusat konservasi penyu dan rehabilitasi terumbu karang, pulau ini juga biasa disinggahi wisatawan untuk makan siang di restorannya, sebelum atau sesudah mampir ke Pulau Pasir yang terletak di dekatnya.

5. Pulau Batu Berlayar

Seperti namanya, pulau ini punya batuan granik unik yang bentuknya seperti layar kapal yang terbentang. Dikelilingi perairan bening, hamparan terumbu karang maupun berbagai biota laut lainnya bisa kamu nikmati tanpa harus snorkeling jauh ke tengah laut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here