Camping di Savana Tianyar, Pesonanya Bikin Enggan Pulang

Foto: Instagram @ikdmiantara

Belakangan ini, semakin banyak saja destinasi yang sebelumnya belum banyak diketahui wisatawan, kemudian ramai diperbincangkan karena foto-fotonya yang bertebaran di media sosial. Salah satunya yang sedang populer adalah Savana Tianyar.

Melihat fotonya, hal pertama yang ditanyakan warganet adalah lokasinya. Pasalnya, pemandangannya begitu indah dengan hamparan rumput luas dan gunung di kejauhan sebagai latarnya. Sejumlah foto bahkan menampilkan kuda-kuda yang asyik merumput.

Foto: Instagram @felix_lewy

Tak percaya rasanya kalau foto tersebut diambil di sisi timur Bali, tepatnya di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Apalagi saat musim kemarau, pemandangannya bakal mengingatkan akan sabana di Afrika dengan rerumputannya yang berubah menjadi kuning kecokelatan.

Untuk mengakses Savana Tianyar sendiri tak sulit. Kalau dari Denpasar, kamu bisa menempuhnya dengan berkendara selama sekitar dua jam via Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Begitu mendekati lokasi, kamu bisa menanyakan arahnya ke warga setempat. Jangan sebutkan Savana Tianyar, karena masyarakat lebih mengenalnya sebagai Bendungan Tianyar.

Foto: Instagram @panjiprdnaa

Saat terbaik datang kemari adalah di pagi dan sore hari, ketika cuaca tak begitu terik. Di saat itu jugalah kamu bisa melihat kuda-kuda dan hewan peliharaan masyarakat setempat yang sedang merumput. Pemandangan tersebut seakan melengkapi indahnya kawasan tersebut dengan puncak bukit Mangun di tengah sabana maupun latar Gunung Agung di kejauhan.

Tak heran kalau banyak yang enggan pulang setibanya di sini. Tak sedikit pula yang membawa campervan kemari untuk berkemah di tengah hamparan rumputnya yang luas.

Foto: Instagram @ikdmiantara

Namun, pastikan persiapan camping telah lengkap, dari peralatan berkemah, perbekalan, obat-obatan pribadi, dan sebagainya. Lebih bagus lagi bila melapor terlebih dahulu ke warga setempat agar kegiatan camping-mu lebih aman dan nyaman.

Opsi lainnya, kamu bisa memesan paket wisata dengan campervan dari operator seperti @balicampers, @boboboxadventure, dan lainnya, sehingga tak perlu repot mengurus persiapannya. Cukup siapkan barang pribadi, dan kamu tinggal menikmati liburan dengan santai. Perjalanan pun lebih efektif, karena biasanya disatukan dengan kunjungan ke tempat-tempat wisata yang ada di satu jalur.

Foto: Instagram @akbarhendar

Bepergian dengan campervan juga lebih seru, karena kamu bisa memilih ingin bermalam di titik mana pun yang kamu suka. Campervan tersebut juga biasanya sudah dilengkapi kompor gas dan kulkas, jadi acara malammu tak akan membosankan dengan kegiatan makan bareng bersama teman, pasangan, ataupun keluarga. Ditemani langit cerah bertaburkan bintang, pengalaman liburanmu dijamin bakal semakin berkesan!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here