Liburan Unik, Belajar Aksara Jawa dan Bali di Properti Aman

Foto: Dok. Amanjiwo

Liburan tak hanya bermanfaat untuk melepas penat, namun memungkinkan kita untuk sekaligus melihat dan mengalami berbagai hal yang berbeda. Dengan cara ini, kamu bisa sekalian menambah sedikit wawasan sembari menghargai perbedaan adat dan budaya yang dimiliki suatu daerah.

Kalau ingin mengenal lebih baik budaya warga setempat, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Misalnya, mengunjungi pasar lokal untuk melihat keseharian warga sekaligus mencicipi berbagai makanan autentiknya. Opsi lainnya, kamu bisa mempelajari aksara kuno yang kerap kamu jumpai di papan nama tempat-tempat tertentu.

Foto: Dok. Amanjiwo

Pembelajarannya bisa dari mana saja, namun tentu lebih baik bila langsung dari ahlinya. Aman Resorts merupakan salah satunya yang menawarkan kegiatan mempelajari aksara kuno di sejumlah propertinya di Indonesia.

Diluncurkan bertepatan dengan Hari Bahasa Ibu Internasional, ada dua pengalaman liburan yang ditawarkan, yakni ‘Aksara Jawa Experience’ di Amanjiwo, serta ‘Aksara Bali Experience’ di tiga properti Aman di Bali, yakni Amandari, Aman Villas at Nusa Dua, dan Amankila.

Aksara Jawa Experience

Di Amanjiwo, kamu dapat memperdalam pengetahuan budaya Jawa dengan mempelajari aksara kunonya bersama arkeolog Goenawan A. Sambodo. Aktivitas ini dikemas dengan unik, di mana kegiatan pembelajaran membaca dan menulis aksara ini dilakukan di area yang tenang dan menghadap langsung ke Candi Borobudur yang megah.

Foto: Dok. Amanjiwo

Ditemani secangkir teh dan aneka camilan tradisional yang lezat, kamu juga bisa mendengarkan sejarah aksara Jawa yang aktif digunakan dalam sastra maupun tulisan sehari-hari masyarakatnya sejak pertengahan abad ke-15 hingga pertengahan abad ke-20. Aktivitas baru ini tersedia mulai Februari dan seterusnya untuk semua tamu yang menginap di Amanjiwo.

Aksara Bali Experience

Sama halnya dengan aksara Jawa, aksara Bali sudah aktif digunakan sejak pertengahan abad ke-15 dan masih diajarkan sebagai bagian dari muatan lokal, meski penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sudah berkurang. Bersama tim dari Basa Bali, para tamu dapat ikut ambil bagian untuk melestarikan warisan budaya ini.

Setiap properti Aman di Bali menawarkan tempat yang sempurna untuk belajar aksara Bali sambil menikmati alam yang indah di sekitarnya, lengkap dengan secangkir teh dan kudapan khas Bali untuk dinikmati.

Di Amandari, properti tersebut dikelilingi taman tropis yang menghadap lembah Sungai Ayung. Amankila menyuguhkan pemandangan laut lepas, sementara Aman Villas at Nusa Dua menawarkan panorama perbukitan dengan barisan pepohonan rindang di sekitarnya.

Info lebih lanjut mengenai aktivitas ini, kunjungi situs resminya di amanjiwo.com, amandari.com, amanvillasnusadua.com, dan amankila.com.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here