Menikmati Indahnya Sunrise dari Puncak Bukit Sikendil

Foto: Instagram @fauziekasaputra

Ingin mendaki gunung-gunung di Indonesia namun masih ragu karena belum pernah muncak sama sekali? Kamu bisa latihan dulu dengan mendaki puncak-puncak lain yang tak terlalu tinggi, seperti Bukit Sikendil.

Berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl, Bukit Sikendil menawarkan jalur yang tak terlalu jauh dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit. Hanya ada satu tanjakan terjal sebelum puncak, namun itu pun sudah dilengkapi tali untuk memudahkan pendaki berpegangan.

Foto: Instagram @tomisul

Menariknya lagi, pemandangan yang tersaji di puncak begitu indah, dengan Gunung Sindoro yang tampak menjulang tinggi di sisi selatan. Kamu juga bisa melihat bekas aliran sungai raksasa yang hulunya dari puncak Gunung Sindoro, selain juga hamparan sawah hijau dan permukiman penduduk.

Panorama di puncak Bukit Sikendil terutama indah saat matahari terbit, sehingga tak heran banyak pemburu foto yang datang kemari untuk mengabadikan momen tersebut. Tak sedikit pengunjung yang mendirikan tenda di puncaknya untuk bermalam agar bisa berlama-lama menikmati suasana alam sekitarnya.

Foto: Instagram @inggunprensidana

Untuk memulai pendakian ke Bukit Sikendil, kamu bisa menuju base camp pendakian Sikendil via Sibajag yang terletak di Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Wonosobo, atau bisa diakses selama 40 menit berkendara.

Jalurnya sama dengan arah ke Dieng. Hanya saja sebelum sampai di dataran tinggi Dieng, kamu akan tiba di pertigaan Rejosari. Dari situ, kamu bisa belok kanan ke arah Kebun Teh Tambi, lalu lanjutkan perjalanan hingga tiba di base camp.

Foto: Instagram @sisadoe

Selepas membayar tiket masuk dan menitipkan kendaraan, kamu bisa langsung mendaki. Meski durasi pendakiannya singkat, jangan anggap remeh dan tetap berhati-hati saat mendaki. Terlebih ada rute yang mesti melewati sisi jurang yang cukup tinggi.

Kenakan juga sepatu yang nyaman, dan pastikan bawa perbekalan yang cukup. Bila berniat berkemah, jangan lupa bawa baju hangat karena cuacanya bisa cukup dingin di malam hari. Terakhir, siapkan gawai dan kameramu untuk memotret keindahan Bukit Sikendil.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here