Menyaksikan Hijaunya Panorama Alam dari Puncak Bukit Watu Geligir

Foto: Dok. Google Maps/FRDY31 Channel

Sebagai destinasi liburan, Probolinggo terutama cocok untuk penyuka alam berkat deretan tempat wisatanya yang populer, dari gunung, air terjun, danau, pantai, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, sejumlah tempat wisata baru pun terus bermunculan untuk menarik lebih banyak pelancong.

Sebut saja Bukit Watu Geligir 99 yang terletak di Dusun Alaskembang, Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar. Dari puncaknya yang setinggi 700 mdpl, wisatawan dapat menyaksikan indahnya hamparan perbukitan hijau.

Foto: Dok. Google Maps/Andi Banditoz

Namanya memang masih asing bagi wisatawan luar Probolinggo. Namun, keindahannya membuat warga setempat kerap kemari untuk sekadar melepas penat atau mencicipi bermalam di bawah langit bertabur bintang.

Bukit ini sendiri tadinya berada di tengah hutan belantara. Berkat inisiatif warga setempat, bukit tersebut kemudian mulai dikelola sebagai destinasi wisata. Akses jalan pun disediakan untuk memudahkan pengunjung.

Foto: Dok. Google Maps/Haidar Alif

Akses

Bukit Watu Geligir 99 dapat dicapai dengan berkendara sekitar satu jam dari Kraksaan, ibu kota Kabupaten Probolinggo. Setibanya di area parkir, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik motor ataupun berjalan kaki.

Namun, jalurnya sempit dan berliku, selain cukup terjal. Demi keamanan, pengunjung disarankan untuk berjalan kaki hingga sampai gerbang utama wisata ini.

Foto: Dok. Google Maps/Dwi Mei R

Dari pintu gerbang, perjalanan masih berlanjut menaiki bukit hingga sejauh sekitar 100 meter. Sesampainya di puncak, kamu dapat mengistirahatkan kaki sambil menikmati pemandangan cantik yang tersaji. Ke mana pun mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan hijau tumbuhan yang menyelimuti bukit-bukit di sekeliling.

Suasananya begitu asri dan sejuk, sehingga tak heran mereka yang sudah sampai di puncak enggan untuk turun kembali ke bawah. Tak sedikit pula yang akhirnya memilih untuk berkemah di sini demi menyaksikan langit bertaburkan bintang.

Foto: Dok. Google Maps/FRDY31 Channel

Namun, pastikan memberi tahu pihak pengelola bila ingin bermalam di puncak bukit. Biasanya, mereka akan menawarkan jasa pemandu yang akan menjaga pengunjung selagi camping. Jangan lupa juga untuk menitipkan kendaraan agar tetap aman ditinggal semalaman.

Karena tak ada jasa penyewaan, bawa sendiri perlengkapan camping yang kamu butuhkan. Siapkan pula perbekalan yang cukup untuk mengisi perut dan maupun pakaian tebal untuk menghalau hawa dingin.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here