Berkemah di Camp Area Umbul Bengkok, Bisa Sekalian Jalan-jalan ke Curug

Foto: Dok. Google Maps

Sedang mencari destinasi liburan keluarga yang antimainstrem di Banyumas? Coba arahkan kendaraan ke Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden. Di sana, ada tempat kemah asri bernama Camp Area Umbul Bengkok.

Dari pusat kota Purwokerto, camping ground ini letaknya sekitar 14 km, atau bisa diakses dengan berkendara selama setengah jam. Mendekati lokasi, jalurnya sempit dan terus menanjak dengan beberapa titik berlubang, sehingga mesti ekstra berhati-hati. Jangan lupa pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum berangkat.

Foto: Instagram @mizan.visual

Terletak di kaki Gunung Slamet, Camp Area Umbul Bengkok menawarkan panorama kota dari ketinggian sekitar 500-600 mdpl, yang terutama indah di malam hari dengan kelap-kelip lampu. Sementara di sekitarnya, kamu dimanjakan dengan pemandangan asri berupa rerumputan hijau maupun pepohonan rimbun.

Merupakan wisata ramah keluarga, pihak pengelola telah menyediakan perlengkapan berkemah, dari tenda, alas tidur, selimut, dan lainnya yang semuanya disewakan dengan harga terjangkau. Cukup membayar Rp100 ribu, kamu bisa tidur di dalam tenda yang berkapasitas empat orang.

Foto: Dok. Google Maps/Elfndrrr

Kalau ingin menyalakan api unggun, kayu bakar disediakan untuk pengunjung mulai pukul 21:00. Sembari menghangatkan tubuh, kamu bisa duduk-duduk santai sambil mengobrol dengan teman atau keluarga.

Tak perlu khawatir urusan perut, karena banyak warung di sekitar area camping. Makanannya kebanyakan menu lokal, termasuk tempe mendoan yang memang khas Banyumas.

Foto: Dok. Google Maps/Satria

Saking lengkap dan bervariasinya makanan yang ditawarkan, tak sedikit pengunjung yang akhirnya membatalkan acara memasak di area camping, dan memilih untuk menikmati makanan lezat yang disediakan di warung.

Menariknya lagi, Camp Area Umbul Bengkok menyediakan paket wisata satu hari yang sudah termasuk tenda berkapasitas empat orang, makan malam dan sarapan, serta wisata trekking ke curug-curug yang ada di sekitarnya.

Foto: Instagram @tanandreass

Pilihan rutenya beragam, dari jarak yang terpendek dengan biaya Rp75 ribu per orang (Curug Jebeng, Curug Kopi, Curug Maron), jarak menengah dengan biaya Rp85 ribu per orang (Curug Telu, Curug Moprok, Curug Maron, Curug Kedung Nila), hingga yang terjauh dengan biaya Rp95 ribu per orang (Curug Tebela, Curug Gede, Curug Telu, Curug Moprok, Curug Maron, Curug Kedung Nilla).

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, hubungi WhatsApp 081327312233 atau ikuti akun Instagram @caub.baturraden.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here