Serunya Camping di Bukit Alas Bandawasa dengan View Gunung Gede Pangrango

Foto: Instagram @idhayhidayat

Buat kamu warga Jakarta dan sekitarnya yang berniat camping, namun tak ingin beranjak jauh dari lokasi tempat tinggal, jangan khawatir – karena ada banyak pilihan kawasan wisata yang bisa kamu akses dengan mudah.

Salah satunya adalah Bukit Alas Bandawasa yang terletak di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Meski terbilang baru, tempat wisata ini sudah populer di kalangan wisatawan berkat pemandangannya yang indah.

Foto: Instagram @maannsss___

Terletak di kaki Gunung Salak, dari bukit ini kamu bisa menikmati panorama kota Bogor dari ketinggian maupun Gunung Gede Pangrango di kejauhan. Suguhan pemandangan yang memukau dengan hamparan luas bukit-bukit hijau ini tentu akan memanjakan mata dan menghilangkan penat.

Berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, hawa sejuk khas pegunungan akan terasa begitu mendekati lokasi. Begitu tiba di area parkir, kamu tak perlu berjalan jauh ke lokasi camping, karena jaraknya hanya sekitar 100 meter. Sepanjang perjalanan pun kamu akan ditemani pemandangan indah di sekitar bukit.

Foto: Instagram @elfajar05

Menempati area seluas 27 hektar, area camping di sini tak hanya dapat menampung banyak tenda, namun juga dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Sebut saja toilet, musala, warung makan yang buka 24 jam, hingga penyewaan peralatan berkemah, seperti tenda, matras, dan masih banyak lagi.

Biar pengalaman berkemahmu makin berkesan, usahakan datang menjelang sore agar kamu punya cukup waktu untuk mendirikan tenda dan menyiapkan segala sesuatunya, seperti membuat api unggun untuk makan malam. Setelah itu, kamu tinggal bersantai sembari menikmati pemandangan cantik selepas senja dengan lampu kelap-kelip kota Bogor di kejauhan.

Foto: Instagram @999muhamadyusuf

Jangan lewatkan pula pemandangan matahari terbit yang tak kalah mengesankan dengan gulungan awan yang terhampar di depan mata. Saking indahnya, tak heran bila banyak yang menjuluki Bukit Alas Bandawasa dengan sebutan Negeri di Atas Awan.

Buat kamu yang berniat camping di sini, biayanya terjangkau, yakni Rp5.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp20.000 per orang untuk tiket camping. Biaya tersebut di luar tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Foto: Instagram @azendatuch

Jalur menuju lokasi terbilang sempit, namun masih muat dua mobil berukuran kecil. Selain itu, aksesnya banyak melalui tanjakan curam dan tikungan tajam, sehingga pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan selalu waspada saat berkendara. Untuk perjalanannya sendiri tak begitu jauh, hanya sekitar 1 jam dari pusat kota Bogor atau 1,5 jam dari pusat kota Jakarta.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here