Menikmati Indahnya Bawah Laut Pantai Jemeluk

Foto: Instagram @kim.dahlgren

Penyuka snorkeling dan scuba diving tentu sudah tak asing lagi dengan Pantai Amed. Terletak di Karangasem, timur Bali, pantai ini terutama terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memukau.

Namun, belum banyak yang tahu kalau pemandangan serupa bisa dijumpai di Pantai Jemeluk yang terletak persis di sebelahnya. Fasilitasnya pun tak kalah lengkap dengan Pantai Amed, dengan wisatawan yang dapat menyewa peralatan menyelam di sekitar Jemeluk.

Foto: Instagram @waisnawa_ayu

Biayanya terjangkau, yakni mulai Rp50 ribu untuk snorkel, kacamata, life jacket, dan sepasang fins. Kalau berniat scuba diving, pastikan memiliki kemampuan menyelam dan ditemani pemandu profesional.

Setelah perlengkapan siap, kamu tak perlu lagi naik kapal ke titik penyelaman. Hanya beberapa meter jauhnya dari bibir pantai, kamu bisa langsung snorkeling untuk menjumpai ikan warna-warni yang banyak berseliweran di sekitar terumbu karang. Menariknya, di kedalaman lima meter, kamu juga bisa melihat pura batu yang juga sering menjadi latar berfoto.

Foto: Instagram @mc_rh_

Bila ingin melihat biota lainnya, kamu bisa melakukan scuba diving untuk menyelam lebih dalam. Sebut saja ornate ghost pipefish yang pandai menyamar, stonefish yang bentuknya mirip seperti batuan karang, atau bila beruntung, penyu dan hiu karang kecil.

Buat pemula yang baru belajar menyelam, perairan di sekitar Jemeluk sangat direkomendasikan karena bisa melihat berbagai biota menarik di perairan dangkal sekalipun, selain arusnya tak kuat karena lokasinya yang berada di teluk.

Foto: Instagram @driftersandlovers

Selain menyuguhkan indahnya alam bawah laut, Pantai Jemeluk juga menawarkan spot terbaik untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Dari puncak bukitnya, kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Agung yang terutama indah saat sunset, ketika matahari terbenam di baliknya.

Untuk mencapai Pantai Jemeluk, kamu bisa berkendara dari titik mana saja di Bali. Lokasinya di Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem, atau sekitar 95 km dari Kuta. Bila ingin menyelam di sini, disarankan untuk menginap di area sekitarnya yang menyediakan beragam tipe akomodasi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here