Menikmati Indahnya Perbukitan Hijau dari Puncak Sanghyangdora

Foto: Instagram @yudhi_agstr

Belakangan ini, Majalengka kian dilirik sebagai destinasi wisata. Tak hanya menawarkan hamparan luas kebun teh yang fotogenik, kawasan ini menawarkan beragam pesona alam lainnya yang menanti untuk dijelajahi.

Menariknya, karena letaknya yang berada di antara Jawa Barat maupun Jawa Tengah, warga dari dua wilayah tersebut dapat dengan mudah mengaksesnya. Yang datang dari ibu kota dan sekitarnya pun dapat berkendara kemari selama tiga jam.

Foto: Instagram @indrasutantoo

Dari sekian banyak tempat wisata menarik yang ada di sana, salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah Bukit Sanghyangdora. Lokasinya sekitar 23 km jauhnya dari pusat kota Majalengka, atau tepatnya di Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka.

Setinggi 385 mdpl, bukit ini terutama cocok untuk pendaki pemula karena aksesnya yang mudah dan durasi pendakian yang relatif singkat. Dari base camp, kamu bisa mencapai puncak bukit hanya dalam waktu satu jam.

Foto: Instagram @exploretrip_adventure

Pemandangannya pun tak kalah indah dengan puncak-puncak lainnya. Dari ketinggian, kamu bisa menikmati indahnya gugusan perbukitan hijau yang memanjakan mata maupun megahnya Gunung Ciremai di kejauhan.

Area puncaknya cukup luas, sehingga kerap digunakan sebagai lokasi berkemah. Kamu bisa melihat kelap-kelip lampu kota di malam hari maupun menantikan matahari terbit dari balik jajaran bukit keesokan paginya.

Foto: Instagram @exploretrip_adventure

Pengelola menyediakan spot foto bagi yang ingin mengabadikan momen di Bukit Sanghyangdora. Selain itu, kamu bisa menyewa tenda dan perlengkapannya dengan memesan sebelumnya.

Caranya, klik laman ini, lalu pilih barang yang kamu butuhkan. Di laman tersebut, kamu bisa sekalian membeli tiket secara daring. Biaya sewa tenda mulai Rp35.000, sleeping bag Rp10.000, kompor portabel Rp15.000, hammock Rp10.000, dan masih banyak lagi perlengkapan lainnya.

Foto: Dok. Google Maps/Bukit Sanghyangdora

Kalau membutuhkan bekal tambahan, seperti air minum, kamu bisa membelinya dari sejumlah warung yang ada di jalur pendakian. Musala dan toilet ada di area parkir di wilayah base camp. Sementara di Pos 4 mendekati puncak juga tersedia toilet.

Jangan lupa menyiapkan uang tunai untuk membayar sewa toilet atau membeli sejumlah kebutuhan lainnya. Selain itu, siapkan pula losion antinyamuk ya!

Biaya berkemah Rp10.000 per orang. Sementara biaya parkir Rp10.000 untuk motor dan Rp20.000 untuk mobil. Tak perlu khawatir meninggalkan kendaraan saat camping, karena area parkirnya aman. Hanya saja, pastikan tiket parkir disimpan dengan baik.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here