Indahnya Pantai Koka, Serpihan Surga di Kabupaten Sikka

Foto: Instagram @backpackertampan

Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, merupakan pintu gerbang utama di timur Flores. Menyuguhkan indahnya perbukitan maupun megahnya Gunung Egon, awalnya kota ini lebih terkenal sebagai bagian dari wisata rohani karena juga merupakan pintu gerbang menuju Larantuka. Belakangan, deretan pantainya yang indah pun kerap dituju untuk snorkeling.

Salah satunya adalah Pantai Koka yang berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga. Terletak sekitar 50 kilometer jauhnya dari Maumere, pantai ini memiliki akses yang searah dengan jalan menuju Ende. Karena itu, kunjungan ke Pantai Koka bisa dilakukan dalam perjalanan darat dari Maumere ke Ende, atau sebaliknya.

Foto: Instagram @hellohendry

Durasi perjalanannya sendiri cukup jauh, yakni sekitar 1,5 jam dari pusat kota Maumere. Namun semua itu terbayar begitu tiba di pantai yang menyuguhkan hamparan pasir putih halus dan perairan jernih dengan gugusan terumbu karang.

Panoramanya begitu indah, terlebih tak jauh dari pantai terdapat pulau kecil bernama Watu Ngesu (Batu Lesung). Konon, pulau tersebut diyakini dari mitos turun-temurun dihuni oleh seekor gurita. Tak hanya itu, di sini juga terdapat makam anak dari tetua Dusun Kangarusa yang berusia ratusan tahun.

Foto: Instagram @lesdroners

Sekitar 20 meter dari bibir pantai juga terdapat sebuah batu besar menyerupai kuda. Dinamai Watu Jara (Batu Kuda), bagian kepalanya terbenam air, sementara bagian ekor tertimbun pasir.

Lanskapnya yang menawan ini membuat siapa pun yang datang kemari akan langsung terpesona. Belum lagi latarnya yang berupa tebing-tebing batu yang artistik. Tak heran bila sejumlah pengunjung ada yang membawa kamera drone kemari untuk memotret keindahannya dari ketinggian.

Foto: Instagram @anuakbar_

Jangan cuma berjalan-jalan di hamparan pasir putihnya. Coba selami pula keindahan bawah lautnya dengan snorkeling. Namun jangan terlalu ke tengah laut ya, karena ombaknya cukup besar. Kamu juga bisa bermain air atau berenang di tepiannya.

Selain berfoto dan bermain air, kamu juga bisa bersantai sembari menikmati es kelapa muda dan aneka kudapan ringan yang dijajakan oleh penjual setempat. Kalau masih lapar, kamu juga bisa memesan ikan bakar di sejumlah warung yang ada di sekitar pantai.

Foto: Instagram @lukiaulia

Tiket masuk kawasan pantai ini adalah Rp10.000 per orang. Sementara biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here