Ke Lampung, Wajib Coba Snorkeling di Pulau Sebuku!

Foto: Instagram @agrzki

Buat kamu warga Jakarta dan sekitarnya yang sedang mencari opsi destinasi untuk berakhir pekan panjang, Lampung dapat menjadi pilihan. Selain mudah dijangkau, kawasan ini menawarkan banyak atraksi menarik, termasuk pulau-pulau yang menyuguhkan deretan pantai eksotis.

Pulau Sebuku, misalnya. Berada di Kabupaten Lampung Selatan, salah satu pulau terbesar di Selat Sunda ini terkenal akan keindahan pantai maupun taman lautnya.

Foto: Dok. Google Maps/Rendy Dwi Widyaswoko

Karena itu, wisatawan biasanya melewatkan waktu seharian di pulau tak berpenghuni ini bermain pasir dan berenang. Sekadar berjemur dan berpiknik juga menyenangkan, kamu tinggal membawa perlengkapan maupun perbekalannya sendiri.

Suasananya begitu asri dengan pepohonan rimbun di sekitarnya. Pengunjungnya pun tak terlalu banyak, sehingga serasa berada di pulau privat.

Foto: Instagram @dikomezaliaputra

Bila membawa peralatan snorkeling, jangan lewatkan pula menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Selain hamparan terumbu karang dan beragam biota laut lainnya, di perairan dekat pulau ini ada bangkai kapal perang Jepang yang ditemukan dua dekade lalu.

Selepas beraktivitas, kamu bisa bersantai di hamparan pasir putihnya yang bersih sembari memandangi perairan jernih yang terhampar di depan mata maupun Kepulauan Krakatau di kejauhan. Pemandangan tersebut bakal lebih indah menjelang senja ketika matahari terbenam.

Foto: Instagram @luluanuari

Tak jauh dari sini terdapat Pulau Sebesi yang menyediakan akomodasi bagi yang ingin mendapatkan akses mudah ke Sebuku maupun Anak Gunung Krakatau.

Kedua pulau ini dapat diakses naik kapal motor dari Dermaga Canti selama sekitar satu jam. Dermaga ini sendiri terletak sekitar 1,5 jam berkendara dari Bandar Lampung.

Foto: Instagram @agrzki

Kalau kamu melakukan perjalanan darat dari Jakarta, kamu bisa menuju Pelabuhan Merak terlebih dahulu, lalu menyeberang dengan kapal feri ke Pelabuhan Bakauheni. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Dermaga Canti dengan berkendara selama sekitar satu jam.

Setibanya, kamu bisa menyewa kapal motor untuk menyeberang menuju Pulau Sebuku. Biayanya bervariasi, tergantung jenis kapal motor yang dipakai maupun banyaknya penumpang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here