Sangirun Night Trail 2021, Lomba Lari Malam di Situs Fosil Purbakala

Para penyuka sejarah dan budaya tentu sudah tak asing lagi dengan Museum Sangiran. Tak hanya merupakan destinasi wisata edukasi yang menarik, tempat ini juga merupakan lokasi penelitian tentang kehidupan prasejarah yang terpenting dan terlengkap di Asia, dan bahkan dunia.

Pasalnya, letaknya memang berdekatan dengan area situs fosil purbakala Sangiran yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Koleksinya pun beragam, mulai dari artefak kuno yang digunakan untuk bertahan hidup di alam, hingga puluhan ribu fosil yang berumur lebih dari dua juta tahun lalu.

Untuk memperingati 25 tahunnya Sangiran ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, Museum Sangiran kemudian menggelar Sangirun Night Trail 2021 pada 20-21 November mendatang.

Bekerja sama dengan Kemdikbudristek, BPSMP Sangiran, Pemkab Sragen, Pemkab Karanganyar, Komunitas Luar Kotak, Kailasa Production, dan Trail Runners Yogyakarta, ajang ini diharapkan dapat memperkenalkan situs Sangiran ke masyarakat luas, selain sebagai ajang donasi kepada masyarakat di sekitar kawasan situs Sangiran.

Sesuai namanya, Sangirun Night Trail mengajak para peserta untuk berlari di malam hari melintasi area situs manusia purba. Acara dimulai pukul 20:00 WIB dengan titik start dan finish di Museum Krikilan.

Berjarak 25 km, rutenya akan melewati beberapa tempat menarik, seperti Museum Ngebung, Museum Manyarejo, Museum Bukuran, Jembatan Cinta, Museum Dayu, dan Sumur Emas.

Peserta akan menjumpai forest mapping dan ornamen yang menggambarkan evoluasi manusia purba di sepanjang trek. Ada pula spot cheer zone berupa pertunjukan seni dari desa-desa sekitar situs Sangiran, selain juga instalasi cahaya di beberapa titik.

Tertarik mengikuti acara ini? Pendaftaran ditutup Selasa, 9 November 2021, dengan slot terbatas untuk 100 pelari, jadi jangan sampai terlewat ya!

Registrasinya melalui www.sangirun.id dengan biaya Rp1 juta, sudah termasuk jersey lari, jersey finisher, medali finisher, masker, BIB dan chip RFID,  race pack bag, e-sertifikat, fisioterapi, asuransi, makan dan minum selama kegiatan, tempat menginap di desa budaya, serta kunjungan ke pasar budaya. Kamu juga berkesempatan memenangkan total hadiah senilai Rp55 juta.

Tak bisa mengikuti acara ini secara luring? Jangan bersedih, karena Sangirun Night Trail 2021 juga digelar secara virtual untuk peserta dari luar daerah dengan slot terbatas untuk 400 orang.

Periode aktivitasnya mulai 14-19 November 2021 dengan jarak tempuh 25 km. Aplikasi pelacak yang digunakan maupun lokasi berlarinya bebas, namun aktivitas harus dilakukan malam hari. Selain itu, peserta wajib follow dan mention akun Instagram @sangirun.official @sangirankita.

Biaya registrasinya Rp250.000, sudah termasuk jersey, medali, masker, BIB, race pack bag, dan e-sertifikat. Peserta juga bisa berkesempatan memenangkan total hadiah senilai Rp10 juta.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi www.sangirun.id atau ikuti akun Instagramnya, @sangirun.official.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here