Bikecamping, Bersepeda Lalu Berkemah di Bukit Alesano

Foto: Dok. Google Maps/Ben7amen Lubis

Buat para penyuka alam dan kegiatan luar ruang, Bogor menawarkan banyak destinasi yang cocok untuk refreshing sembari menikmati panorama menakjubkan. Udaranya pun sejuk, sehingga kerap dituju oleh warga ibu kota yang ingin melarikan diri dari hawa panas.

Kalau tujuanmu ke Bogor adalah untuk bikecamping atau bersepeda lalu berkemah, salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Alesano. Terletak di Desa Cijeruk, atau sekitar 16,5 km jauhnya dari pusat kota Bogor, bukit ini menawarkan akses yang cukup menantang untuk para pesepeda.

Foto: Instagram @aditia.putra.21

Jalurnya berupa jalan beraspal yang mulus, hanya saja medannya terus menanjak hingga sampai di lokasi. Di beberapa titik bahkan tanjakannya cukup terjal, sehingga cukup menguras tenaga. Selain itu, mendekati lokasi ada jalan yang masih rusak berupa tanah dan bebatuan.

Karena itu, pastikan berhati-hati saat melintasinya, dan sebisa mungkin hindari berkunjung selepas hujan ketika medannya lebih licin dan menyulitkan. Bawa pula perbekalan, termasuk air minum, untuk berjaga-jaga bila di lokasi beristirahat tidak ada warung yang berjualan.

Foto: Dok. Google Maps/Boby Safa

Setibanya di lokasi, kamu bisa membayar biaya masuk sebesar Rp10.000. Sementara pengunjung lain yang membawa kendaraan bermotor mesti membayar biaya parkir sebesar Rp5.000.

Setelah memarkirkan sepedamu, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian, mulai dari megahnya Gunung Gede Pangrango, hingga hijaunya hamparan sawah dan perbukitan. Sungguh rasa lelah setelah bersepeda sebelumnya serasa terbayar setelah melihat panorama tersebut!

Foto: Instagram @bayugaling

Di malam hari, pemandangan tersebut akan semakin cantik dengan gemerlap lampu kota di kejauhan. Bila cuaca sedang cerah, bintang-bintang pun tampak bertebaran di langit, sehingga membuat suasana pun semakin romantis. Tak heran bila banyak yang datang kemari untuk bermalam dengan mendirikan tenda.

Kalau kamu tertarik berkemah di sini, tak perlu repot-repot membawa perlengkapannya, karena kamu bisa menyewanya langsung di lokasi. Hal ini tentu memudahkan para pengunjung yang datang kemari dengan bersepeda karena tak harus membawa banyak barang. Cukup sediakan jaket, makanan, dan peralatan memasak untuk bermalam di sini.

Foto: Instagram @agusrumboy

Fasilitasnya pun terbilang lengkap, dari toilet, musala, hingga warung. Karena itu, bersepeda sembari berkemah di sini bisa dilakukan bersama teman ataupun keluarga. Di lokasi juga disediakan spot-spot foto bagi yang ingin mengabadikan keindahan alam di sana.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here