Lari Pagi di Taman Jogging Kelapa Gading

Hadirnya ruang terbuka hijau di kota-kota besar memang sangat penting. Selain dapat mengurangi polusi udara, tempat-tempat seperti ini dapat menjadi sarana olahraga bagi warga sekitar. Sebut saja Taman Jogging yang terletak di Jalan Boulevard Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dibangun dan dikelola oleh Summarecon Agung, Taman Jogging Kelapa Gading ini terbagi menjadi dua lokasi, yakni Taman Jogging 1 yang sudah lebih dahulu dibangun, dan Taman Jogging 2 yang terletak di seberangnya. Lokasinya dekat dengan bundaran La Piazza.

Foto: Instagram @db1.photography

Seluas 1,6 hektar, Taman Jogging 1 lebih luas ketimbang Taman Jogging 2 dengan deretan fasilitas, termasuk trek joging, jalur khusus untuk refleksi kaki, area bermain anak, gazebo, dan toilet. Ribuan tanaman pun tumbuh di sini, termasuk pepohonan rindang yang ada di kanan-kiri trek joging, sehingga suasananya pun tampak asri. 

Pengunjung dapat berlari mengitari taman dengan jarak satu putaran sekitar 500 meter, atau bersantai di bangku-bangku taman yang tersedia sembari menghirup udara yang masih sejuk di pagi hari. Karena memang namanya Taman Jogging, pengunjung dilarang bersepeda di dalam area taman. Sebagai gantinya, mereka dapat menjajal fasilitas lain yang tersedia, seperti alat-alat kebugaran. 

Foto: Dok. Google Maps/Wanto TSD

Taman Jogging 1 memang lebih luas, sehingga sering menjadi lokasi pilihan bagi warga sekitar untuk berolahraga. Namun, bila ingin menghindari keramaian, kamu dapat menuju Taman Jogging 2. 

Foto: Instagram @baguskusuma

Trek larinya memang lebih pendek ketimbang Taman Jogging I, yakni sekitar 350 meter untuk satu putaran, namun pengunjungnya lebih sepi. Dengan demikian, kamu tak perlu mengantre lama bila ingin menjajal alat-alat fitness yang tersedia di taman ini. Saat berlari di trek jogging atau berjalan di jalur refleksi pun tak berpapasan dengan banyak orang. 

Bila membawa si kecil, di taman ini juga disediakan area bermain anak yang dilengkapi perosotan, monkey bars (tiang-tiang untuk bergelantungan), ayunan, dan jungkat-jungkit. Di salah satu sudut taman bahkan disediakan ring untuk bermain basket.  

Foto: Instagram @erw1nk

Buka sedari pukul 05:00, kamu dapat berkunjung ke Taman Jogging Kelapa Gading sepagi mungkin untuk menikmati udara yang masih bebas polusi maupun suasana yang masih sepi. Bila membawa kendaraan, kamu dapat memarkirkannya di area parkir dekat Taman Jogging ataupun di Mall Kelapa Gading. Untuk menikmati seluruh fasiltas di taman ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here