Gowes ke Puncak Gebang, Suguhkan Hamparan Sawah dan Perbukitan

Dok. Google Maps/Fathur Rohman

Banyak tempat menarik di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan destinasi bersepeda, dari situs-situs budaya dan bersejarah seperti candi kuno dan keraton, hingga wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah. Sebut saja Puncak Gebang yang berlokasi di daerah Pleret, Bantul.

Terletak tak jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni sekitar 15 km, Puncak Gebang menawarkan akses jalur yang cenderung datar dan sudut kemiringan yang tak terlalu melelahkan. Karena itu, destinasi ini terutama cocok untuk pesepeda pemula ataupun yang sekadar ingin gowes santai tanpa harus bersusah payah melalui medan ekstrem demi menikmati pemandangan indah.

Foto: Instagram @bansmarwanto

Untuk menuju ke Puncak Gebang, di awal perjalanan kamu akan melalui permukiman penduduk, sebelum melewati hamparan sawah maupun pepohonan rimbun. Jalurnya berlanjut sampai puncak, sehingga bisa dilewati kendaraan pribadi tanpa harus berjalan kaki. Meski demikian, area parkir yang disediakan tak begitu luas, sehingga memang menuju kemari lebih seru bila sekalian bersepeda.

Setibanya di Puncak Gebang, kamu akan disuguhi pemandangan indah berupa hamparan persawahan hijau, perbukitan, bahkan panorama kota Yogyakarta di kejauhan. Tak hanya itu, bila langit sedang cerah, Gunung Merapi dan Sindoro pun dapat terlihat jelas dari sini.

Foto: Instagram @sheto_chenko

Waktu terbaik bersepeda kemari adalah sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Kamu bisa menyaksikannya sambil melepas lelah usai bersepeda dengan duduk-duduk di warung yang ada di sana.

Ada pedagang yang menjajakan makanan dan minuman, seperti mi instan, gorengan, teh, dan kopi. Karena harganya terjangkau, warga setempat pun menjadikannya sebagai alternatif wisata murah di Yogyakarta dengan pemandangan alam yang indah.

Foto: Instagram @kevinandyp

Namun, untuk berjaga-jaga bila warungnya tutup, kamu bisa membawa bekal sendiri sebelum bersepeda kemari. Lebih asyik lagi bila membawa tikar, sehingga kamu bisa sekalian berpiknik di sini.

Untuk menuju Puncak Gebang, kamu dapat menggunakan bantuan navigasi untuk mencapainya. Alamat tepatnya di Jalan Dadap Kulon, Tegalrejo, Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul. Kalau dari pusat kota Yogyakarta, arahnya ke selatan melalui Jalan Imogiri Timur dan Terminal Giwangan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here