Mendaki Bukit Anak Dara di Sembalun, Trek Mirip Gunung Rinjani

Foto: Dok. Google Maps/Mirzan Asrori

Lombok tak hanya merupakan surga bagi penyuka pantai, namun juga pendaki yang ingin menaklukkan puncak-puncak tertingginya. Selain Gunung Rinjani, masih banyak puncak-puncak lain yang tak kalah menarik didaki.

Sebut saja Bukit Anak Dara yang menyuguhkan indahnya pemandangan matahari terbenam. Setinggi 1.921 mdpl, Bukit Anak Dara merupakan bukit tertinggi kedua di Sembalun, Lombok Timur setelah Bukit Nanggi.

Foto: Instagram @ardiyan66

Namun, tak seperti bukit-bukit lainnya di kawasan itu, Bukit Anak Dara menawarkan jalur pendakian yang cukup menantang dan mengingatkan akan trek di Gunung Rinjani. Tak heran bila banyak yang menjulukinya sebagai miniatur Gunung Rinjani.

Dari area parkir menuju Pos 1 jaraknya sekitar 2 km dengan medan lumayan terjal dan kondisi jalur yang berliku. Selewat Pos 1, jalur tersebut akan semakin terjal dengan kemiringan hingga 40 derajat, sehingga tak sedikit pendaki yang akhirnya mesti beristirahat di tengah jalan, atau berjalan secara perlahan sembari memulihkan tenaga.

Foto: Instagram @wibbi_marki

Setibanya di Pos 2, kamu bisa beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Jangan menyerah, karena pemandangan yang indah di puncak menantimu! Kamu bisa melihat hamparan perbukitan hijau, megahnya Gunung Rinjani, gili-gili di sekitar Lombok, dan bahkan puncak Tambora di kejauhan bila langit sedang cerah.

Kalau ingin sekalian menikmati pemandangan matahari terbenam, kamu bisa mendaki sedari siang. Estimasi pendakian sekitar 2-3 jam untuk sampai ke puncak. Selepas menikmati sunset, kamu bisa sekalian mendirikan tenda untuk bermalam di puncaknya. Area berkemahnya cukup luas dan dapat menampung beberapa tenda sekaligus.

Foto: Instagram @rianutama_

Pemandangan selepas senja tak kalah indah, dengan hamparan bintang di langit yang cerah. Keesokan paginya, kamu bisa bangun lebih awal untuk menyaksikan mentari yang terbit dari sisi timur.

Bukit Anak Dara terletak di sisi timur Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Untuk mencapainya, kamu dapat berkendara dari pusat kota Mataram selama sekitar dua jam. Harga tiket masuknya Rp10.000 orang, sementara biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here