Mengintip Keindahan Taman Laut Olele, Banyak Spot Penyelaman Menarik

Wisatawan yang sudah pernah mengunjungi Gorontalo pastilah tak akan terlupa akan pengalaman dan keseruan mereka selama berlibur di sana. Pasalnya, kawasan tersebut memang menyimpan pesona alam yang menawan, baik di darat maupun bawah lautnya.

Sebut saja Pulo Cinta yang menyuguhkan panorama mirip Maladewa, lengkap dengan cottage-cottage apungnya. Di sinilah biasanya traveler menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau diving.

Foto: Instagram @acnafdjamal

Namun, bila kamu tak punya waktu lebih untuk menuju Pulo Cinta, ada satu lokasi selam yang letaknya tak jauh dari pusat kota Gorontalo, sekitar satu jam berkendara saja. Taman Laut Olele namanya.

Dari namanya saja, tentu kamu bisa menebak kalau destinasi satu ini mengunggulkan keindahan bawah lautnya. Karena memiliki dua tipe kedalaman, yakni dangkal dan dalam, taman laut ini cocok untuk snorkeling maupun diving, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Kamu yang ingin snorkeling akan dimanjakan dengan hamparan terumbu karang warna-warni yang masih terjaga. Tak hanya itu, ikan-ikan pun banyak berseliweran di antara karang-karangnya.

Spot penyelaman favoritnya pun banyak, dengan salah satunya yang menjadi daya tarik adalah Salvador Dali Sponge. Nama tersebut diberikan oleh Rantje Allen, seorang pegiat selam asal Amerika Serikat. Pasalnya, bentuk spons atau bunga karang endemik tersebut memang menyerupai lukisan surealis karya Salvador Dali yang berjudul ‘L’enigma del Desiderio’.

Ada pula spot Gua Jin (Jinn Caves), atau tebing karang yang terbelah dan membentuk sejumlah gua dengan ukuran berbeda-beda. Tampilannya yang eksotis dengan keragaman biota lautnya membuat spot satu ini menjadi salah satu favorit penyelam.

Tanpa harus repot membawa peralatan menyelam, kamu bisa menyewanya di lokasi, tepatnya area sekitar Pantai Olele. Pantai tersebut jugalah yang menjadi titik awal keberangkatan sebelum naik kapal ke lokasi penyelaman.

Foto: Instagram @ayubagyooo

Tak heran kalau pantai tersebut cukup ramai. Di perairannya berjejer perahu nelayan yang siap mengantarkan wisatawan ke lokasi penyelaman. Beberapa di antaranya bahkan berdasar kaca, sehingga cocok untuk yang ingin menikmati keindahan bawah lautnya dari atas perahu.

Sementara di darat, kamu bisa menjumpai jasa penyewaan perlengkapan snorkeling maupun diving. Biaya sewa perlengkapan tersebut biasanya dipaketkan dengan biaya sewa kapal maupun dokumentasi foto dan video.

Foto: Instagram @reendiberry

Harganya bervariasi, tergantung fasilitas yang disertakan. Misalnya, untuk snorkeling dua jam, kamu cukup menyiapkan sekitar Rp800.000 untuk total delapan orang (satu kapal). Biaya tersebut sudah termasuk peralatan snorkeling, makan siang, dan dokumentasi foto.

Taman Laut Olele buka sepanjang hari. Tidak ada biaya tiket masuk. Fasilitasnya pun masih terbatas. Namun bila ingin mandi atau berganti baju, kamu bisa menumpang di rumah warga.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here