Para Penyuka Downhill, Yuk Cobain Trek C1000 Bike Park di Magetan

Foto: Dok. Google Maps/C1000 Bike Park

Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan salah satu destinasi yang kerap dikunjungi untuk liburan. Namun, bila tidak berminat dengan wisata pendakian, kamu bisa mengunjungi destinasi lain yang ada di sekitarnya.

Sebut saja Cemoro Sewu Bike Park, atau yang lebih dikenal sebagai trek C1000 Bike Park. Baru diresmikan awal tahun ini, bike park ini hampir selalu ramai setiap pekannya oleh rombongan pesepeda yang ingin menjajal sensasi trek C1000.

Foto: Dok. Google Maps/Bang Miqo

Terletak di kawasan hutan di lereng Gunung Lawu, bike park ini menawarkan suasana yang asri dengan pepohonan yang rimbun di sepanjang trek. Udaranya sejuk karena lokasinya memang berada di ketinggian, yakni sekitar 1.900 mdpl.

Karena letaknya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, kamu bisa mencapainya dari salah satu kota di kabupaten tersebut, seperti Surakarta atau Madiun. Durasi berkendaranya tak terlalu jauh, sekitar 1,5 jam.

Foto: Dok. Google Maps/C1000 Bike Park

Setibanya di lokasi, kamu cukup membayar tiket Rp15.000 untuk bersepeda sepuasnya. Di dekat titik start, kamu bisa membaca sejumlah aturan ketat yang diterapkan pihak pengelola Cemoro Sewu Bike Park.

Selain wajib menggunakan sepeda MTB (direkomendasikan yang full suspensi), pesepeda harus mengenakan perlengkapan keamanan, seperti helm, sepatu, sarung tangan, serta pelindung siku, lutut, dan tubuh.

Foto: Dok. Google Maps/C1000 Bike Park

Selain itu, pesepeda harus selalu berada di dalam jalur yang telah disediakan. Anak di bawah usia 15 tahun diperbolehkan bersepeda di sini, namun wajib didampingi orang dewasa. Pesepeda juga diminta untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan serta mematuhi protokol kesehatan.

Total ada tiga trek yang ada di bike park tersebut, yakni trek 1 sepanjang sekitar 1,5 km, trek 2 enduro yang langsung tembus ke Kampung Susu Lawu, serta trek downhill sekitar 1,4 km.

Foto: Dok. Google Maps/C1000 Bike Park

Trek yang disebutkan terakhir ini merupakan salah satu trek terfavoritnya dengan jalur berupa turunan berliku dan medan tanah dengan akar-akar melintang di atasnya. Kalau sedang memacu kecepatan, kamu akan merasakan sensasi jumping saat melintasinya.

Bike park ini terutama direkomendasikan untuk para pemula yang ingin latihan di trek yang lebih menantang ataupun para atlet. Apalagi di sepanjang perjalanan, kamu bisa bersepeda sembari menikmati pemandangan alam berupa deretan pepohonan yang ditumbuhi lumut, anggrek, dan tanaman eksotis lainnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here