Serunya Camping di Pasir Buntung, Bisa Sekalian Trekking ke Curug

Foto: Dok. Google Maps/Ifan Septianto

Bogor tak pernah kekurangan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, terutama untuk wisata alam dan petualangan. Terbaru, ada Pasir Buntung Camping Ground yang cocok untuk camping ceria maupun trekking ringan ke curug-curug di dekatnya.

Terletak di Gerbang Wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak, atau tepatnya di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, camping ground ini bisa dicapai dari pusat kota Bogor dengan berkendara selama dua jam. Kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Foto: Dok. Google Maps/Sisir Tanah

Setibanya di lokasi parkir, kamu akan diantar oleh salah satu petugas untuk menuju area camping. Tempatnya tak terlalu jauh, hanya membutuhkan trekking ringan sekitar 10 menit. Kalau membutuhkan bantuan untuk mengangkut barang-barang bawaan, kamu juga bisa meminta tolong sang petugas.

Berlokasi di ketinggian 1.058 mdpl, camping ground ini menawarkan panorama indah berupa Gunung Salak, perbukitan hijau, maupun kawasan permukiman. Karena itu, selain menyaksikan indahnya sunrise dan sunset, kamu pun bisa menikmati cantiknya lampu perkotaan ketika malam tiba.

Foto: Instagram @mienis_amin

Selepas mendirikan tenda, kamu bisa beristirahat sejenak sembari menikmati sejuknya udara dan rerimbunan pepohonan di sekitarnya. Kamu juga bisa melewatkan siang hari dengan trekking ke curug-curugnya. Total ada enam curug di sekitarnya, yakni Curug Pancur, Curug Emas, Curug Ciburial, Curug Tebing, Curug Kembar, dan Curug Hordeng.

Kalau mau trekking ringan, kamu bisa menuju Curug Pancur atau Curug Emas yang bisa ditempuh selama 15-20 menit. Tak perlu khawatir meninggalkan tenda saat menjelajah area sekitar lokasi camping. Ada petugas yang siap menjaga tenda hingga kamu kembali pulang.

Foto: Instagram @hilmawan__

Biaya masuk Pasir Buntung Camping Ground adalah Rp55.000 per orang, sudah termasuk asuransi, izin jasa kawasan, dan dua spot curug. Sementara biaya parkir motor Rp10.000 dan mobil Rp20.000.

Kalau tak membawa perlengkapan, kamu bisa menyewa tenda berkapasitas empat orang beserta matrasnya dengan biaya Rp100.000.

Foto: Instagram @hilmawan__

Biaya perlengkapan lainnya adalah Rp10.000 per unit untuk lampu tenda, Rp15.000 per unit untuk flysheet, Rp5.000 per buah untuk matras, Rp50.000 untuk alat masak (kompor, nesting, gas), serta Rp75.000 untuk listrik (termasuk kabel roll dan satu spot lampu). Kamu juga bisa membuat api unggun dengan membeli kayu bakar seharga Rp25.000 per ikat.

Fasilitas lainnya termasuk toilet, musala, dan warung yang buka 24 jam. Hewan peliharaan bisa kamu bawa, namun harus tetap diawasi. Untuk reservasi, kamu bisa mengunjungi laman ini atau menghubungi WhatsApp 081282482291.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here