Gowes Nanjak ke Spot Riyadi, Suguhkan Panorama Candi Prambanan dari Kejauhan

Foto: Instagram @satriya.t.w

Ada banyak cara untuk melewatkan liburan di Yogyakarta, mulai dari mengunjungi situs-situs bersejarah, mampir ke pasar untuk berburu batik, hingga mengagumi keindahan alam di spot-spot terbaiknya.

Nah, bila yang dicari adalah yang disebut terakhir, kamu bisa menuju Spot Riyadi. Terletak di Jalan Candi Miri, Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, spot tersebut sudah lama dikenal sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan sunrise ataupun sunset dengan lanskap Candi Prambanan dan sekitarnya.

Foto: Instagram @daffaguruh77

Alasan penamaan Riyadi sendiri karena lokasinya berada di halaman rumah seorang warga bernama Riyadi. Berada di sisi utara candi Prambanan, pemandangan ke arah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini tak terhalang apa pun. Bila cuaca cerah, Gunung Merapi dan Merbabu juga terlihat di sisi utara.

Waktu terbaik kemari adalah dini hari menjelang subuh karena kabut tipis yang menyelimuti pepohonan pun membuat pemandangan semakin dramatis.

Foto: Instagram @titatita.didinding

Spot Riyadi sendiri tidak mematok biaya masuk, hanya biaya parkir kendaraan. Bila lapar pun, Riyadi sang pemilik lahan juga memiliki warung yang menjual sejumlah makanan dan minuman, seperti nasi goreng, mi goreng, dan es teh.

Sebagai destinasi bersepeda, Spot Riyadi juga menarik kamu kunjungi. Rutenya cocok untuk pemula dengan tanjakan yang tak terlalu ekstrem. Jaraknya pun sekitar 19 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit.

Foto: Instagram @ajisasongko81

Mendekati lokasi, ada dua jalur yang bisa dipilih, yakni yang lebih dekat dengan tanjakan ekstrem, sementara yang lain memutar lebih jauh. Kalau kuat, silakan menggowes sepeda di tanjakan ekstrem tersebut. Opsi lainnya, kamu bisa TTB alias menuntun sepeda, atau melewati jalur lainnya yang lebih ramah pemula.

Setibanya di lokasi, semua rasa lelah usai menggowes di medan menanjak serasa terbayar saat melihat pemandangan cantik di sekitarnya dari ketinggian. Apalagi bila datang di momen yang pas, yakni saat matahari terbit ataupun terbenam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here