Pineus Tilu, Lokasi Camping Seru di Tepi Sungai Palayangan

Foto: Instagram @iqbal.bayhaqi

Pangalengan di selatan Bandung kian dilirik sebagai destinasi wisata berkat berbagai atraksi menarik yang ada di kawasan tersebut. Terbaru, ada Pineus Tilu Riverside Camping yang berada di kawasan Hutan Pinus Rahong, tak jauh dari Situ Cileunca.

Di sini, kamu bisa merasakan sensasi berkemah di tepi Sungai Palayangan dengan pemandangan hutan pinus yang asri di sekitarnya. Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena debit air sungai berasal dari Situ Cileunca, selain besar kecilnya bisa diatur dengan bendungan.

Foto: Instagram @ryan.abrar

Tak seperti camping ground kebanyakan, Pineus Tilu Riverside Camping hanya menyediakan tenda dalam jumlah terbatas. Total hanya ada sembilan tenda yang dapat menampung hingga empat orang. Karena itu, bila tertarik berkemah di sini, kamu wajib reservasi jauh-jauh hari karena jumlah peminatnya pun banyak.

Pengunjung juga tak diperbolehkan membawa tenda sendiri, karena tenda yang sudah disiapkan pihak pengelola telah disesuaikan dengan ukuran dek kayu yang menjadi alas tenda. Selain itu, tenda yang seragam juga tentu lebih enak dilihat dan terlihat cantik bila difoto.

Foto: Instagram @eleanoryuma

Di dalam tenda, kamu bisa menikmati sejumlah fasilitasnya, termasuk perlengkapan tidur yang berupa kasur, bantal, sleeping bag, dan matras. Ada pula lampu, stopkontak, dan coffee table.

Biaya berkemah di sini Rp500.000 per tenda untuk hari biasa dan Rp650.000 per tenda untuk malam Sabtu dan malam Minggu, sudah termasuk sarapan untuk empat orang. Fasilitas pendukungnya antara lain toilet, area parkir (25-30 mobil), spot foto, spot memancing, fasilitas barbekyu, dan hammock.

Foto: Instagram @ayorizqi

Menariknya, aliran sungai di depan lokasi camping ini biasa digunakan sebagai wisata arung jeram. Anak-anak mulai usia 7 tahun bisa ikut menikmati keseruan variasi jeram yang ada di Sungai Palayangan. Lokasi start-nya dari tepi Situ Cileunca dengan perjalanan menyusuri sungai sejauh sekitar 4,5 km dengan waktu tempuh 1,5-2 jam.

Bila ingin sekalian menjajal arung jeram di sini, harga paketnya Rp1,2 juta per tenda dengan fasilitas yang sudah disebutkan di atas. Dengan demikian, kalau berkemah berempat, harganya Rp300.000 per orang. Terjangkau bukan?

Foto: Instagram @pineustilu

Dilansir dari akun Instagram @pineustilu, pihak pengelola akan membuka reservasi pada Minggu, 8 Agustus mendatang untuk berkemah di bulan September-Oktober. Info lebih lanjut, hubungi WhatsApp 081321842071.

Kamu bisa mencapai lokasi dengan naik motor atau mobil pribadi. Untuk memudahkan navigasi, kamu bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan ‘Pinus Tilu Camp Ground’ pada kolom pencarian. Dari pusat kota Bandung, jaraknya sekitar 47 km dan bisa ditempuh dengan dua jam berkendara.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here