Cara Lari di Rumah Tanpa Treadmill, Biar Tetap Bugar Selama PPKM Darurat

Per 3 Juli kemarin, pemerintah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat guna menekan penyebaran Covid-19. Masyarakat pun diimbau untuk senantiasa beraktivitas di rumah, termasuk untuk berolahraga.

Nah, bila kamu terbiasa berlari untuk menjaga kebugaran, kegiatan ini tetap bisa kamu lakukan di rumah, meski tanpa treadmill sekalipun. Simak yuk caranya.

  1. Lari di Tempat

Carilah spot terbuka di salah satu area di rumah. Pilih permukaan lantai yang tak licin dan kenakan sepatu lari untuk kenyamanan dan keseimbangan.

Mulailah berlari dengan posisi punggung dan bahu lurus, sementara kaki diangkat setinggi lutut. Ayunkan tangan bersamaan dengan mengangkat kaki. Saat kaki menyentuh lantai, angkat kaki lainnya dengan gerakan sama.

Latihan ini efektif untuk membakar kalori. Seseorang dengan berat 85 kg bisa kehilangan 510 kalori per jam dengan berlari di tempat.

Kamu bisa membagi sesi latihan dua kali sehari di pagi dan sore, dengan masing-masing sesi berdurasi 30 menit.

  1. Padukan dengan Teknik Lain

Berlari di tempat bisa sangat membosankan, karena itu padukan dengan teknik lari yang berbeda. Cobalah mengangkat lutut setinggi mungkin saat berlari.

Gerakan ini tak hanya memungkinkan kamu untuk membakar kalori lebih tinggi, namun juga dapat menguatkan otot dan membantu mengencangkan perut. Kalau memiliki ruang yang cukup, kamu bisa berlari sambil melakukan lompat tali.

  1. Manfaatkan Tangga

Kalau ada tangga di rumah, atau tangga darurat di apartemen, kamu bisa melakukan sprint di tangga untuk membentuk otot dan membakar kalori.

Mulailah dari bawah dan sprint ke atas secepat mungkin, kemudian lakukan istirahat atau interval dengan berjalan turun sembari mengatur napas. Lakukan 10-15 kali sprint untuk setiap sesinya.

  1. Lakukan Step-up

Opsi lainnya kalau tak ada tangga, kamu bisa memanfaatkan kotak atau bangku setinggi lutut untuk melakukan step-up.

Caranya, angkat kaki kanan ke atas bangku, kemudian gunakan kaki tersebut sebagai tumpuan untuk mengangkat kaki kiri hingga setinggi pinggang. Turunkan kaki kiri lebih dahulu ke lantai, baru kaki kanan. Ulangi gerakan ini dengan kaki yang berlawanan.

  1. Lari di Halaman

Kamu bisa memanfaatkan halaman depan atau belakang rumah, atau jalan depan rumah yang kosong.

Larilah dari ujung yang satu ke ujung lain, sentuh tanah, dan kembali lagi ke posisi awal. Ulangi 10-15 kali dengan lari secepat mungkin tanpa jeda.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here