4 Kerajinan Tangan Khas Jambi, Cocok untuk Oleh-oleh

Jambi tak hanya terkenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk merayakan Waisak dengan keberadaan kompleks candinya yang terluas di Indonesia. Wisatawan pun datang kemari untuk mengagumi deretan wisata alam maupun budayanya.

Nah, tentu saja sepulang menjelajahi keindahan atraksi yang ditawarkan, sayang rasanya bila langsung pulang tanpa membeli oleh-oleh bukan? Untungnya, Jambi memiliki banyak jenis kerajinan tangan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Berikut beberapa di antaranya yang wajib dibeli sebagai suvenir ataupun buah tangan.

1. Batik Jambi

Sama halnya seperti wilayah lain di Indonesia yang memiliki batik dengan ciri khasnya tersendiri, begitu pula dengan Jambi. Di masa lalu, batik hanya dipakai oleh kaum bangsawan untuk upacara adat dan lainnya. Motifnya pun masih terbatas, umumnya berupa corak ukiran seperti pada rumah adat.

Seiring waktu, masyarakat biasa pun turut mengenakan batik, sehingga motifnya kian beragam, mulai dari motif angso duo, bungo tanjung, durian pecah, kapal sanggat, hingga batanghari yang merupakan motif klasik batik Jambi. Seharga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, batik tersebut bisa dibeli di toko-toko yang berderet di sepanjang Jalan Sumantri Bojonegoro, Simpang Pulai.

2. Gelang dan Kalung Sebelik Sumpah

Foto: Instagram @explore.merangin

Sesuai namanya, aksesori ini terbuat dari biji-biji buah pohon Sebelik Sumpah yang disusun menjadi gelang dan kalung. Uniknya, aksesori ini diyakini warga Suku Anak Dalam mampu menangkal dan menolak bala, sehingga kemudian dianggap sebagai jimat pelindung untuk menjaga diri. Harganya pun terjangkau, sehingga cocok untuk oleh-oleh.

3. Miniatur Rumah Adat

Rumah adat Jambi yang berbentuk unik menjadi inspirasi bagi warganya untuk membuat miniatur sebagai oleh-oleh. Miniatur tersebut terbuat dari bahan dasar kayu dengan ukiran yang unik, cocok sebagai pajangan untuk menghiasi rumah. Harganya pun murah, mulai Rp100.000, tergantung ukuran dan detail ukiran.

4. Produk Anyaman

Foto: Instagram @homecraft_zy

Terbuat dari daun, rotan, pandan, bambu, daun rumbai, dan bahan lainnya, produk anyaman ini banyak macamnya, dari piring, bakul, tikar, dan masih banyak lagi. Kerajinan ini sendiri sudah ada sejak lama di Jambi, selain ketersediaan bahannya pun masih melimpah.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here