Menyaksikan Keindahan Danau Toba dari Bukit Holbung

Foto: Instagram @ceb0l

Saking besarnya Danau Toba, banyak spot menarik di sekitarnya yang cocok untuk menyaksikan keindahannya. Salah satunya adalah Bukit Holbung yang berada di Desa Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Kalau dari pusat kota Medan, destinasi tersebut bisa dicapai dengan berkendara selama enam jam. Lumayan jauh memang, karena itu kebanyakan wisatawan yang berkunjung kemari tak hanya ke Bukit Holbung, namun juga mampir ke spot menarik di sekitarnya, seperti Menara Pandang Tele dan Air Terjun Efrata.

Foto: Instagram @zulfanmukhri

Setibanya di loket menuju Bukit Holbung dan membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000, kamu bisa langsung trekking singkat sekitar 10-15 menit untuk mencapai puncak. Medannya berupa jalan setapak yang cukup nyaman dilalui.

Sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati hamparan rerumputan hijau dan yang tampak kontas dengan birunya Danau Toba. Saking cantiknya bukit tersebut, penduduk setempat menyebutnya sebagai Bukit Teletubbies.

Foto: Instagram @awanikhwan

Siapkan kamera ya, karena banyak spot menarik di sini. Jangan kaget juga kalau waktu trekking-mu bakal lebih lama karena banyak digunakan untuk berfoto. Bukit itu sendiri tak sepanjang tahun berwarna hijau. Saat musim kemarau, warnanya berubah menjadi kecokelatan, sehingga pemandangannya pun lebih eksotis.

Selain mengabadikan keindahan pemandangannya, banyak wisatawan yang sengaja kemari untuk berkemah. Lokasinya biasanya di puncak-puncak terdekat dari pintu masuk. Karena anginnya kencang, pastikan untuk tak mendirikan tenda di lokasi yang terlalu terbuka ya.

Foto: Instagram @adhanhsb

Karena tak ada fasilitas penyewaan tenda, bawa sendiri perlengkapan yang kamu butuhkan, termasuk logistik. Kalau tak membawa bekal, tersedia warung-warung di sekitar pintu masuk. Fasilitas lainnya termasuk area parkir kendaraan, toilet, dan musala.

Agar dapat sekalian menyaksikan pemandangan matahari terbenam, usahakan sudah tiba sebelum sore. Panorama saat pagi juga tak kalah cantik, dengan lautan kabut tebal yang menyelimuti kawasan tersebut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here