Berkemah di Hamparan Kebun Teh Gunung Mas, Banyak Aktivitas Seru

Suasana alam yang asri dan jauh dari keramaian kerap dicari warga kota besar yang setiap harinya harus berhadapan dengan polusi udara maupun suara. Tak heran bila kawasan seperti Puncak yang dekat dari Jakarta selalu ramai dikunjungi, terutama saat akhir pekan maupun selama liburan panjang.

Dari sekian banyak destinasi yang ada di sana, salah satunya yang bisa kamu kunjungi adalah Agrowisata Gunung Mas. Destinasi satu ini menawarkan camping ground di tengah hamparan perkebunan teh. Konon perkebunan teh tersebut merupakan yang terbesar di Puncak dengan luas sekitar 500 hektar.

Foto: Instagram @etta_naeni

Uniknya, camping ground tersebut terbagi menjadi beberapa zona area, dari yang paling tertinggi hingga terendah. Masing-masing zona tersebut memiliki pemandangan yang berbeda, sehingga pengunjung dapat memilihnya sesuai preferensi.

Kalaupun tak membawa tenda, pihak pengelola menyediakan penyewaannya dengan biaya sekitar Rp250.000 per malam. Tak perlu khawatir pula bila tak membawa perbekalan, karena di lokasi disediakan berbagai menu makanan untuk mengisi perut.

Foto: Dok. Google Maps/Dafit Ariyanto

Kalau biasanya camping ground lain tak menyediakan banyak aktivitas selain trekking, lain lagi halnya dengan Agrowisata Gunung Mas. Di sini, kamu tak hanya bisa bermalam sembari menikmati pemandangan yang asri, namun juga melewatkan waktu dengan kegiatan seru.

Tiket masuk sebesar Rp15.500 yang kamu bayar sebelumnya bisa ditukarkan dengan sebungkus Teh Walini. Opsi lainnya, kamu bisa menikmati tea time di Tea Corner atau Tea Cafe sembari mengudap pisang goreng.

Foto: Instagram @saskiasfamn

Setelah perut terisi, kamu bisa menikmati sore dengan berjalan santai di tengah hamparan kebun teh. Ada beberapa rute yang bisa dipilih dengan jarak mulai 4 km hingga 10 km. Dengan tiket mulai Rp20.000 per orang, kamu akan ditemani seorang pemandu yang bakal memberikan informasi menarik seputar teh, khususnya yang tumbuh di kawasan tersebut.

Kalau enggan berjalan, kamu juga bisa berkeliling kebun teh dengan berkuda. Durasinya mulai 15 menit dengan rute sesuai pilihanmu. Sementara penyuka adrenalin bisa menjajal naik kendaraan ATV yang disewakan mulai Rp50.000 per 15 menit, naik kendaraan off-road dengan medan melalui jalur bebatuan dan jalan tanah yang becek di kawasan perkebunan teh, atau berparalayang melintasi birunya langit Gunung Mas.

Foto: Instagram @para_bike

Agrowisata Gunung Mas terletak di Jalan Raya Puncak Km 87. Usahakan datang di pagi hari saat langit sedang cerah-cerahnya. Semakin siang, pemandangannya akan semakin tertutup kabut. Perhatikan pula jadwal satu arah agar tidak terjebak saat keberangkatan maupun kepulangan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here