Utan Kemayoran, Opsi Lokasi Berolahraga di Jakarta Pusat

Foto: Instagram @bromcibs

Masih belum banyak yang tahu kalau di Jakarta Pusat ada ruang terbuka hijau baru yang bisa menjadi alternatif untuk tempat berwisata maupun berolahraga. Namanya Utan Kemayoran dengan lokasi di Jalan Benyamin Sueb. Kalau kamu tahu atau sudah pernah ke JIExpo Kemayoran, hutan kota tersebut letaknya tak jauh dari situ dengan tak sampai 10 menit berkendara.

Utan Kemayoran sendiri sudah dibuka sejak akhir 2019 dengan mengusung konsep Three Wonderful Journey yang bertujuan untuk konservasi, rekreasi, maupun edukasi. Dengan konsep tersebut, hutan kota seluas 22,3 hektar ini diharapkan dapat menjadi pusat komunitas maupun masyarakat umum di ruang terbuka hijau.

Foto: Instagram @wibisono.ari

Berbagai fasilitas pun telah disiapkan untuk mengakomodasi pengunjung. Mulai dari amfiteater dan panggung apung untuk pentas musik dan kegiatan lainnya, hingga lokasi penangkaran burung dan kupu-kupu. Menariknya, seluruh lokasi ini bisa kamu jadikan tempat berfoto yang menarik.

Buat kamu yang ingin menikmati keasrian hutan ini sambil berolahraga, Utan Kemayoran juga telah dilengkapi lintasan lari maupun sepeda yang nyaman. Asyiknya lagi, jalur berlari maupun bersepeda ini melalui pohon-pohon yang besar dan rindang, sehingga membuat kamu pun serasa berolahraga di tengah hutan belantara.

Foto: Instagram @pande_lebih

Selagi berolahraga, kamu dapat melihat berbagai jenis pohon yang ada di sini, seperti meranti, sengon, dan trembesi. Sesekali akan terdengar suara kicauan burung kutilang, tekukur, dan sebagainya yang membuat suasana lebih menyenangkan dan serasa jauh dari ramainya hiruk pikuk perkotaan.

Untuk melihat pemandangan Utan Kemayoran maupun area sekitarnya dari ketinggian, kamu bisa menuju menara pandang. Dari sini, kamu tak hanya bisa melihat asrinya hutan, namun juga gedung-gedung pencakar langit maupun kawasan permukiman di kejauhan.

Foto: Instagram @alivikry

Seusai berlari atau bersepeda, kamu dapat duduk-duduk di area amfiteater untuk beristirahat sambil menikmati keindahan danau. Kamu juga bisa berpiknik di bawah rindangnya pepohonan, tapi pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak tanaman.

Saat ini, Utan Kemayoran buka setiap Sabtu dan Minggu pukul 06:00 hingga 11:00. Untuk menghindari keramaian, kamu bisa datang sedari pagi ke sini. Tiket masuknya gratis. Kalau datang ke sini dengan membawa motor atau mobil tak perlu khawatir, karena area parkirnya luas.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here