Serunya Diving Bersama Manta Ray di Sangalaki

Sangalaki merupakan salah satu tujuan menyelam populer di Kepulauan Derawan. Selain menyuguhkan indahnya hamparan terumbu karang, nudibranch warna-warni, hingga beragam jenis ikan yang jarang ditemui, seperti ghost pipefish, scorpionfish, dan masih banyak lagi, Sangalaki memiliki perairan yang kerap dilintasi kawanan besar pari manta.

Spot terbaik untuk menyaksikannya adalah di sisi utara dan timur pulau, yakni di Manta Avenue, Manta Parade, dan Manta Run. Hanya beberapa meter jauhnya dari pantai, kamu bisa melihat pari manta yang biasa mencari makan plankton di pagi hari.

Mereka senang berenang dekat dengan permukaan, jadi sebenarnya snorkeling atau free diving merupakan cara terbaik untuk menyaksikan kawanan pari manta tersebut.

Tak hanya melihat manta ray yang mencari makan, kamu juga bisa menuju cleaning station-nya untuk menyaksikan manta ray yang mengejar betina untuk kawin, sementara yang lain membersihkan badan dengan dibantu ikan-ikan kecil.

Manta ray dapat disaksikan sepanjang tahun, namun sebisa mungkin hindari menyelam saat musim hujan (November hingga Maret) ketika jarak pandang agak terbatas.

Spot penyelaman lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah Coral Gardens yang terletak di barat daya Sangalaki. Dasarnya yang berpasir merupakan tempat goatfish kerap berkeliaran, selain dipenuhi hamparan karang keras dan lunak.

Beragam biota laut lainnya bisa dijumpai di sini, seperti anthias, damselfish, triggerfish, frogfish, bintang laut, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk sesekali menengok ke atas, karena di sela-sela menyaksikan kehidupan di sekitar karang, kamu bisa menjumpai satu-dua manta yang sedang mencari makan, ataupun penyu hijau dan penyu sisik yang rutin bertelur di pantai-pantai Sangalaki.

Coral Gardens juga merupakan spot penyelaman favorit di malam hari untuk melihat hewan-hewan nokturnal, seperti kepiting pertapa besar, sotong, lobster, gurita, dan udang. Yang pasti, jangan lupa siapkan kamera underwater-mu untuk mengabadikan pengalaman menyelam di Sangalaki!

Untuk mencapai Sangalaki, kamu bisa memulai perjalanan dari Balikpapan. Dari sana, kamu bisa naik pesawat menuju ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, sebelum melanjutkan perjalanan dengan naik speedboat menuju Sangalaki. Kamu bisa pergi bersama rombongan untuk menghemat harga sewa kapal, ataupun mereservasi akomodasi di salah satu resor menyelam sehingga biaya naik kapalnya sudah termasuk ke dalam paket.

Kebanyakan penyelam akan bermalam di berbagai resor yang ada di Kepulauan Derawan karena tidak mungkin menghabiskan waktu untuk bolak-balik ke Tanjung Redeb. Kalau tidak menyelam pun tetap dapat menginap di salah satu resor yang ada untuk menikmati layanan tambahan berupa transportasi dari bandara di Berau.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here