Berburu Makanan Halal di Gang Gloria, Glodok

Foto: Instagram @arifoadhinoto

Kawasan Glodok sudah lama terkenal sebagai salah satu destinasi kuliner di Jakarta. Dari jajanan pinggir jalan hingga menu masakan yang menggiurkan di deretan warung dan restorannya, semuanya layak untuk dicicipi.

Walau kebanyakan makanan yang dijual mengandung daging babi maupun minyak babi, kamu yang umat muslim tak perlu khawatir, karena masih ada menu halal yang bisa dicicipi. Berikut beberapa di antaranya yang berlokasi di Gang Gloria.

  1. Ketupat Gloria 65

Foto: Instagram @mimolette_1106

Kedai sederhana yang tidak pernah pindah lokasi sejak 1963 ini menawarkan menu ketupat yang disajikan bersama sayur labu siam, kari ayam, kentang, tahu, tempe, dan telur. Yang membuat sajian ini spesial adalah bumbu godoknya yang berisi ebi, cacahan cabai merah panjang, irisan petai, serta daun salam, laos, dan serai. Bahan-bahan tersebut kemudian dioseng dan ditambahkan santan rendaman ayam kampung.

  1. Soto Betawi Nyonya Afung

Foto: Instagram @sasmitaedo

Gerai satu ini sudah banyak cabangnya di Jakarta, namun gerainya yang ada di Glodok masih sering dikunjungi oleh para pelanggan setianya. Soto Betawi di sini punya banyak pilihan isian, dari daging sapi, daging ayam, urat sapi, babat sapi, kikil sapi, paru sapi goreng, lidah sapi, hingga tulang muda. Kalau tak suka kuah santan, tersedia pula pilihan kuah bening.

  1. Gado-gado Direksi

Foto: Instagram @mark.he

Nama kedai satu ini memang unik, karena konon dulu banyak direksi bank yang makan di sini. Yang membuat gado-gado ini begitu digemari adalah karena kacang yang merupakan bahan utamanya didatangkan langsung dari Tuban, Jawa Timur. Rasanya pun enak dengan isian yang lumayan banyak, dari telur, lontong, kentang, sayuran, hingga emping.

  1. Kari Lam

Foto: Instagram @foodventurer_

Kedai ini menjual menu kari berkuah santan khas keluarga Tionghoa Medan yang rasanya ringan dan tidak membuat enek. Semangkuk kari tersebut kemudian disajikan bersama suwiran daging ayam, kentang, dan bihun. Pengunjung juga bisa memilih daging sapi untuk isiannya, atau nasi sebagai pengganti bihun.

  1. Cakwe Gang Gloria

Foto: Instagram @setyaningrumdani

Perut sudah cukup kenyang, namun masih ingin mengudap? Kamu bisa jajan cakwe dan kue bantal di Cakwe Gang Gloria. Cakwe yang sudah dijual sejak dua dekade lalu ini punya tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Uniknya, cakwe tersebut disajikan dengan saus berwarna bening yang asam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here