Asrinya Curug Hiji, Cocok Buat Lokasi Campingmu Berikutnya!

Foto: Instagram @aldipriadi_

Bogor punya banyak curug yang tak akan habis dikunjungi dalam hitungan hari. Serunya lagi, kamu tak hanya bisa bermain dan berfoto di curug, namun juga sekalian bermalam di lokasi untuk menikmati keasriannya sekaligus melepas penat setelah menjalani rutinitas padat.

Nah, dari sekian banyak curug yang ada di Bogor, salah satunya yang belum banyak diketahui wisatawan adalah Curug Hiji. Lokasinya di Kampung Pasir Gaok, Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya. Kalau dari pusat kota Bogor, curug ini dapat dicapai dengan berkendara selama satu jam.

Foto: Instagram @cino_trisno

Mendekati lokasi, kamu akan melalui kawasan permukiman hingga akhirnya tiba di area parkir. Kamu bisa memarkirkan motor atau mobil di sana sebelum berjalan kaki menuju gerbang masuk Curug Hiji.

Perjalanannya tak begitu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit berjalan kaki. Medannya berupa jalan setapak dengan pemandangan persawahan hijau dan Gunung Salak di kejauhan.

Foto: Instagram @hobbynya_ynees

Setibanya di loket, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang untuk berkunjung, atau Rp35.000 per orang kalau ingin sekalian berkemah.

Dari loket, perjalanan masih belum berakhir. Kamu mesti berjalan kaki untuk mencapai curug. Namun tenang saja, durasinya tak sampai setengah jam kok, jadi tak terlalu menguras tenaga. Lagipula di sepanjang perjalanan ada banyak pepohonan yang menjulang tinggi, sehingga rindang dan sejuk.

Foto: Instagram @hobbynya_ynees

Kamu akan menjumpai camping ground terlebih dahulu. Areanya luas dan memiliki fasilitas cukup lengkap, termasuk kamar mandi. Kalau tak membawa tenda, kamu bisa menyewanya dengan biaya sekitar Rp75.000 untuk kapasitas 3-4 orang.

Dari situ, kamu bisa berjalan kaki hingga sampai di Curug Hiji dengan medan berupa jalan setapak dari tanah dan bebatuan. Pastikan mengenakan alas kaki yang nyaman ya, karena bisa sangat licin selepas hujan.

Foto: Instagram @lutfialhadiseptian

Sesampainya di curug, kamu bisa langsung melepas lelah dengan merendam kaki di tepiannya, atau bermain air di perairannya yang jernih. Kolamnya tak terlalu dalam, jadi cukup aman untuk anak-anak sekalipun.

Untuk aktivitas yang lebih menantang, kamu bisa menjajal canyoning untuk menelusuri sungai, gua, dan air terjun. Ada dua paket yang disediakan, yakni Half Package dengan durasi 2-3 jam, serta Full Package dengan durasi 4-5 jam.

Foto: Instagram @house_of_oranjee

Harganya Rp335.000 per orang untuk Half Package dengan Rp535.000 per orang untuk Full Package. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk, tiket parkir, peralatan, pemandu dan instruktur, dokumentasi, makan, asuransi, air mineral, dan coffee break. Reservasi bisa melalui WhatsApp 085778964732 atau akun Instagram @verticaltrip.id.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here