Seraya Secrets, Surga Penyelaman Makro di Tulamben

Seraya Secrets merupakan salah satu situs penyelaman paling terkenal di Bali yang terletak di wilayah timur laut pulau tersebut. Dengan pasir hitam vulkanik yang menyelimuti dasar laut, situs ini sempurna untuk fotografi bawah air. Tak heran bila Seraya Secrets sering masuk dalam daftar situs yang ingin dikunjungi oleh para penyelam.

Daya tarik Seraya Secrets terletak pada tipe penyelamannya yang dikenal dengan sebutan muck diving. Hal ini merujuk pada penyelaman di dasar laut yang berpasir hitam vulkanik, yang menciptakan ekosistem yang kaya akan kehidupan makro.

Pasir hitam yang kaya nutrisi ini merupakan lingkungan ideal bagi banyak spesies laut ketika mereka masih muda dan rentan. Karena merupakan tempat perlindungan bagi banyak hewan laut, Seraya Secrets kemudian menjadi surganya para fotografer makro yang ingin mengabadikan keunikan dari sejumlah spesies yang hidup di sini.

Udang harlequin, ikan hantu (Solenostomus paradoxus), kuda laut pygmy, nudibranch, dan banyak lagi makhluk menakjubkan lainnya, dapat dengan mudah ditemukan oleh para penyelam. Seraya Secrets juga merupakan salah satu situs terbaik untuk melihat kepiting petinju (Lybia tessellata) yang sulit ditemui di tempat lain.

Tak ketinggalan, ada pula hewan-hewan yang lebih besar, seperti leopard moray eel, lionfish, dan kuda laut. Menghabiskan waktu di bawah laut sambil mencari hewan-hewan unik tersebut akan terasa menyenangkan.

Penyelaman di Malam Hari

Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan di Seraya Secrets adalah penyelaman di malam hari. Saat malam tiba, makhluk-makhluk yang biasanya bersembunyi di siang hari menjadi lebih aktif dan terlihat dengan jelas. Sotong, cumi-cumi, dan kepiting akan tampak sibuk berkeliaran di dasar laut.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mengesankan, cobalah mematikan lampu senter sejenak dan membiarkan mata beradaptasi dengan kegelapan. Kamu bisa saja beruntung melihat cahaya bioluminescent dari plankton yang menyala di sekitar, menciptakan pemandangan yang begitu magis dan memesona.

Agar kegiatan menyelammu aman dan menyenangkan, kamu dapat menyewa jasa pemandu selam yang berpengalaman dan tahu betul sejumlah spesies yang tinggal di wilayah tersebut. Dengan demikian, mereka bisa membantu untuk menemukan spesies-spesies langka dan tersembunyi yang mungkin tidak akan terlihat tanpa bantuan mereka

Selain itu, pendampingan pemandu juga membantu untuk menjaga keberlanjutan lingkungan bawah laut. Dengan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang kawasan tersebut, pemandu dapat memastikan para penyelam berinteraksi dengan lingkungan bawah laut dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

Seraya Secrets terletak di timur laut Bali, tepatnya di Desa Tukad Dabu, Tulamben. Situs ini bisa diakses melalui jalan setapak kecil yang langsung menuju pantai, persis di samping Scuba Seraya Resort.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here