Berendam dengan Bahan-bahan Ini Bisa Bantu Cerahkan Kulit, Coba Yuk!

Berendam merupakan salah satu ritual spa yang mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat, seperti melepaskan rasa lelah, membantu sirkulasi darah, dan mengatasi insomnia. Tak jarang, saat liburan pun banyak traveler yang mencari akomodasi dengan fasilitas bathtub agar dapat menikmati berendam setelah seharian beraktivitas.

Nah, selain berendam dengan air hangat, kamu juga bisa memadukannya dengan bahan-bahan lain yang memberi manfaat bagi tubuh, seperti mencerahkan kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Berikut beberapa di antaranya yang bisa kamu coba.

1. Susu

Berendam dengan susu memiliki banyak khasiat untuk kulit, termasuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Tak hanya itu, asam laktat di dalam susu juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Susu yang digunakan bisa susu sapi yang mudah dicari, susu kambing yang kaya vitamin, atau buttermilk yang mengandung lebih banyak asam laktat. Cukup tambahkan 250-450 ml atau 125-250 gram susu ke dalam bak air hangat, dan kamu pun sudah siap mandi susu.

2. Air mawar

Air mawar tak hanya bisa mencerahkan warna kulit, namun juga melembapkan kulit dan menyeimbangkan pH kulit. Caranya, cukup tambahkan air rebusan mawar ke dalam bak mandi berisi air. Kamu juga bisa menambahkkan kelopak mawar ke dalam rendaman, atau menggunakannya untuk scub kulit.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa langsung dimasukkan sebagai campuran air berendam, atau dioleskan terlebih dahulu ke kulit sebelum berendam. Kandungannya yang berupa zat antioksidan dan antiradang dapat membantu mencerahkan warna kulit, selain membuat kulit lebih kenyal dan lembap usai berendam.

4. Garam mandi

Kandungan dalam garam sudah dipercaya sejak dulu dapat membuat kulit semakin halus dan lembut. Bila dilakukan secara rutin, berendam dengan garam mandi juga dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh dan menghindari risiko cedera.

5. Teh

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk berendam adalah teh. Cukup tambahkan kantong teh pada air hangat untuk berendam. Jenis teh yang bisa digunakan adalah teh hijau yang bisa mencerahkan dan menyegarkan kulit, atau teh kamomil yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Itulah beberapa bahan yang mudah dicari dan bisa kamu gunakan untuk berendam. Lamanya waktu berendam dapat disesuaikan dengan selera. Namun, sebaiknya tidak berendam lebih dari 10 menit agar kulit tidak kering.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here