Yuk, Cicipi Aneka Soto Khas Nusantara di Seluruh Hotel Jaringan PHM Hotels

Foto: Dok. PHM Hotels

Siapa sih yang tak kenal soto? Salah satu menu terpopuler di Indonesia ini memiliki cita rasa khas yang berbeda di setiap daerah. Ada soto Betawi yang khas dengan santannya, ada pula soto Klaten yang menggunakan potongan daging bebek.

Untuk mengenalkan berbagai soto khas nusantara ini, PHM Hotels kemudian menghadirkan wisata gastronomi bertajuk Semangkuk Soto. Lewat kegiatan ini, masyarakat tak hanya dapat mencicipi langsung beragam soto yang autentik, namun juga diajak untuk mengetahui sejarah dan filosofi yang terdapat pada soto.

Wisata gastronomi Semangkuk Soto bisa dinikmati mulai 15 Juni hingga 15 September di seluruh jaringan PHM Hotels yang berada di Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Palembang, dan Bali. Berikut detailnya.

Foto: Dok. PHM Hotels

Soto Kuning

Soto Kuning merupakan sajian soto daging khas Bogor. Selain berkuah santan, ciri khas soto ini adalah menggunakan potongan kikil. Paling nikmat disantap selagi hangat, soto kuning biasanya dinikmati bersama sepiring nasi, sambal, dan emping.

Tersedia di: THE 1O1 Bogor Suryakancana

Soto Betawi

Menu tradisional khas Jakarta ini dibuat dengan racikan kuah gurih yang merupakan perpaduan dari susu, santan, dan aneka rempah. Isinya berupa daging dan jeroan sapi yang ditambah potongan tomat segar, wortel, irisan daun bawang, kentang goreng, emping melinjo, dan bawang goreng.

Tersedia di: THE 1O1 Jakarta Sedayu Darmawangsa, 1O1 URBAN Jakarta Thamrin, THE HAVEN Bali Seminyak

Soto Bandung

Menggunakan kuah kaldu sapi yang dipadukan dengan aneka bumbu dan rempah, soto berkuah bening ini berisi potongan daging sapi, irisan lobak, taburan kacang kedelai goreng, irisan daun bawang, dan seledri.

Tersedia di: THE 1O1 Bandung Dago

Foto: Dok. PHM Hotels

Soto Tangkar Buntut Sapi

Menu ini muncul pertama kali pada masa penjajahan Belanda, ketika masyarakat Betawi hanya mampu membeli tangkar yang berdaging sedikit. Mereka kemudian mengolahnya menjadi sajian berkuah santan gurih yang lezat.

Soto ini biasanya disajikan bersama nasi putih, sambal dari campuran cabai hijau dan cabai rawit, jeruk nipis, serta taburan bawang goreng.

Tersedia di: THE 1O1 Palembang Rajawali

Soto Ceker Kuta

Karena banyak ditemui di Kuta, soto ini pun kemudian lebih dikenal dengan nama Soto Ceker Kuta. Sesuai namanya, soto ayam berbahan dasar bumbu kuning yang gurih ini berisi ceker yang lembut, lalu diberi isian bihun, kol dan taoge, potongan ayam, serta taburan koya.

Tersedia di: THE HAVEN Bali Seminyak

Soto Ayam Bumbu Bali

Soto ini menggunakan bahan dasar ayam yang diberi bumbu Bali, sehingga aroma khasnya pun tetap tercium saat menikmati soto tersebut. Menu ini biasanya disajikan bersama kulit ayam renyah, kentang, telur, koya, dan kerupuk udang.

Tersedia di: FRii Bali Echo Beach

Foto: Dok. PHM Hotels

Soto Sapi ala Bali

Ciri khas dari menu ini adalah kuahnya yang berwarna bening, serta tambahan pelengkap yang beragam, seperti seledri, daun bawang, jeruk nipis, dan sambal soto.

Tersedia di: THE HAVEN Suites Bali Berawa

Soto Bebek Klaten

Klaten sudah lama terkenal dengan kuliner bebek, dan soto bebek Klaten ini merupakan salah satunya yang terpopuler. Soto berkuah bening ini dihidangkan bersama potongan daging bebek yang empuk dan gurih.

Tersedia di: THE 1O1 Yogyakarta Tugu

Soto Ayam Lamongan

Mudah ditemui di pinggir jalan, soto ayam Lamongan ini merupakan salah satu menu khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah bening ini biasanya disajikan dengan suwiran daging ayam, irisan kol, bihun, dan taburan koya.

Tersedia di: THE 1O1 Malang OJ

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here