Nyaman Lari Pagi di Taman Bunga Wiladatika Cibubur

Taman Bunga Wiladatika Cibubur, atau biasa disebut Taman Wiladatika, merupakan salah satu taman tertua di Indonesia. Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1980, taman ini masih cukup terawat hingga kini dengan beragam fasilitas untuk pengunjung.

Walau memakai nama Cibubur, lokasi taman ini sebenarnya di Kecamatan Cimanggis, tepatnya di Jalan Jambore 1, tak jauh dari Buperta Cibubur (Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur). Sementara Wiladatika merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Pasalnya, taman ini awalnya memang didirikan sebagai sarana dan sumber pendanaan aktivitas pramuka.

Meski lokasinya di tengah kota, taman ini terbilang sejuk dan asri berkat keberadaan berbagai tanaman yang tumbuh di sini. Selain bunga hias warna-warni, tampilannya pun semakin cantik dengan adanya kolam air mancur. Tak jarang pengunjung memanfaatkan sejumlah sudut di taman ini sebagai spot berfoto.

Seluas sekitar 15 hektar, taman ini juga merupakan lokasi sempurna untuk berolahraga, seperti joging. Kamu dapat berlari santai mengitari taman ini sembari menikmati keindahannya. Treknya juga cukup nyaman untuk dilintasi, terutama pagi hari di luar akhir pekan ketika terbilang sepi pengunjung.

Foto: Dok. Google Maps/Meneer Van Klompen

Di sekeliling taman terdapat pepohonan tinggi dan rindang, lengkap dengan beberapa bangku dan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat seusai berolahraga. Opsi lainnya, kamu dapat sekalian berpiknik dengan membawa tikar dan perbekalan sendiri.

­Bagi yang membawa anak, taman ini juga menawarkan berbagai fasilitas menarik, termasuk area bermain dengan beragam wahana. Pengunjung juga dapat menuju taman kelinci untuk memberi makan hewan-hewan yang lucu dan menggemaskan tersebut.

Foto: Dok. Google Maps/Iwan Triawan

Bila tertarik permainan air, tersedia sepeda air dan bola air yang bisa dinikmati bersama keluarga. Sementara penyuka tantangan bisa menjajal fasilitas outbound maupun permainan paintball-nya yang seru. Kegiatan yang disebutkan terakhir ini harus dipesan lebih dahulu, karena biasanya digunakan untuk melengkapi acara gathering keluarga, sekolah, atau kantor.

Buka setiap hari pukul 08:00 hingga 16:00, biaya masuk taman ini terjangkau. Pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp10.000, serta biaya parkir motor Rp4.000 dan mobil Rp 8.000.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here