Berkemah di Tengah Hutan Pinus Pasir Langlang

Hamparan hutan pinus yang populer di destinasi terkenal seperti Bogor dan Yogyakarta juga bisa kamu temui di Purwakarta, Jawa Barat. Lokasi persisnya di Wisata Alam Pasir Langlang, Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Terletak 28,5 km jauhnya dari pusat kota Purwakarta, atau bisa ditempuh dengan satu jam berkendara, kawasan seluas 43 hektar ini menawarkan panorama indah dan sejuknya udara dengan pepohonan pinus yang terhampar sepanjang mata memandang.

Foto: Instagram @mayangsuri

Suasanya begitu asri dan jauh dari keramaian kota, sehingga tak heran bila banyak wisatawan yang datang kemari untuk sekadar menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam.

Nama Pasir Langlang sendiri disematkan oleh warga sekitar, dengan pasir yang berarti bukit dalam bahasa Sunda, sementara langlang berarti mengembara ke suatu tempat. Tak heran, karena lokasi ini memang berada di ketinggian dengan jajaran pepohonan di sekitarnya. Melancong ke sini serasa menyesatkan diri di dalam hutan dan memungkinkan seseorang untuk melupakan sejenak rutinitas yang padat.

Foto: Instagram @nanangsujana

Menariknya, untuk masuk ke tempat ini biayanya terjangkau, yakni hanya Rp7.500 per orang, sementara biaya parkirnya Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Kamu bebas menjelajahi kawasan tersebut dan berfoto di tengah hutan pinus atau berlatar perbukitan yang berselimutkan kabut.

Bila betah berlama-lama di sini, kamu bisa sekalian berkemah. Kamu bisa membawa sendiri perlengkapannya, seperti tenda, sleeping bag, matras, dan alat masak. Namun, kalaupun tak ingin repot, di sini juga sudah disediakan tempat penyewaannya.

Foto: Instagram @nisaks9

Tarifnya bervariasi, dan bisa kamu cek langsung harganya di pusat informasi Pasir Langlang. Untuk sewa hammock, misalnya, kamu cukup membayar Rp20.000.

Fasilitas lainnya terbilang lengkap. Kamu tak perlu khawatir bila perbekalan habis, karena di sekitarnya terdapat warung-warung makanan. Toilet dan musala juga tersedia di sini. Bila ingin berfoto pun, banyak spot menarik yang bisa kamu jadikan latar.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here