Adidas Ajak Pelari Bantu Perangi Sampah Plastik di Laut

Foto: Instagram @leemryan

Menjelang Hari Laut Sedunia yang jatuh pada 8 Juni, Adidas mengajak para pelari untuk berpartisipasi dalam ajang Run for the Oceans. Berlangsung mulai 28 Mei hingga 8 Juni, Adidas x Parley Run for the Oceans digelar untuk yang keempat kalinya tahun ini, melanjutkan komitmennya untuk membantu memerangi sampah plastik di lautan.

Sejak 2015, Adidas telah membuat lebih dari 30 juta pasang sepatu bersama Parley Ocean Plastic. Sepatu tersebut dibuat dari sampah plastik yang berceceran di kawasan pesisir. Meski saat ini sudah ada kemajuan dalam perjalanan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengurangi polusi plastik di laut.

Foto: Instagram @parley.tv

“Sebagai merek global, dan sebagai warga global, kita memiliki peran besar dalam melestarikan lautan dan planet kita. Merupakan tanggung jawab kami untuk menggunakan platform, produk, dan suara kami – tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran, tetapi juga untuk menerapkan tindakan nyata,” kata Alberto Uncini Manganelli, GM Running & Credibility Sports di Adidas.

“Dalam tiga dekade, lautan dunia dapat berisi lebih banyak sampah plastik daripada ikan jika kita tidak bertindak sekarang. Hanya dengan bekerja sama dan bersatu kita dapat menghentikan sampah plastik,” imbuhnya.

Foto: Instagram @paulaordovas

Lewat Adidas x Parley Run for the Oceans, setiap kilometer yang ditempuh pelari antara 28 Mei hingga 8 Juni akan dikonversikan menjadi 10 botol plastik yang dibersihkan oleh Adidas dan Parley, dengan maksimum 500.000 pon sampah plastik laut dari pantai, pulau terpencil, dan garis pantai.

Hingga saat ini, Adidas x Parley Run for the Oceans telah menyatukan lebih dari tiga juta pelari di seluruh dunia, yang secara kolektif mencatatkan hingga 25,5 juta kilometer dan mengumpulkan 2,5 juta dolar AS untuk membantu Parley mengembangkan inisiatif dan program pendidikannya dalam memerangi polusi plastik di laut.

Foto: Instagram @dlexiana

Pada tahun 2019, 92 sekolah telah terdaftar dalam program tersebut, dan kini sekolah tersebut tak hanya menjadi pusat pendidikan, namun juga titik intersepsi plastik bagi masyarakat setempat. Hasilnya, 70.000 anak dan keluarganya berpartisipasi dalam program tersebut.

“Run for the Oceans telah berkembang menjadi platform berdampak kuat, yang menginspirasi dan memberdayakan jutaan orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam satu tujuan dan mendukung keberlangsungan laut melalui olahraga,” kata Cyrill Gutsch, CEO dan Pendiri Parley.

Foto: Instagram @adidasrunnerscapetown

“Kami percaya bahwa kolaborasi, kreativitas, dan eko-inovasi adalah formula kemenangan untuk menyelamatkan lautan kita dan mengakhiri krisis plastik global yang mengancam alam, kesehatan kita sendiri, dan masa depan kita. Setiap orang yang ikut serta dalam Run for the Oceans akan membantu dalam mendorong visi tersebut,” ujarnya.

Sebagai bagian dari strategi Adidas ‘Own the Game’ pada Maret lalu, Run For The Oceans nantinya akan diperluas lebih lanjut demi menciptakan ruang komunitas digital dan fisik yang lebih inklusif. Pada tahun 2025, Adidas menargetkan untuk mencapai partisipasi kumulatif dari 40 juta orang.

Foto: Instagram @leomessi

Bila tertarik berpartisipasi dalam ajang ini, kamu bisa langsung mendaftarkan diri dan melacak aktivitas lari lewat Adidas Running App yang bisa diunduh di Google Play dan App Store. Registrasinya langsung melalui aplikasi tersebut. Caranya, pilih tab Community, lalu pilih Run for The Oceans. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here