Nangorak Camp, Lokasi Kemah di Kawasan Perbukitan Sumedang

Foto: Dok. Nangorak Camp

Berkemah di alam bebas menjadi kegiatan pilihan saat liburan di tengah pandemi Covid-19. Selain untuk refreshing, kegiatan ini diyakini minim risiko terinfeksi virus corona, asalkan orang-orang yang diajak berkemah adalah anggota keluarga yang tinggal serumah.

Lokasi camping-nya sendiri bisa yang dekat dari rumah, sehingga tak perlu berkendara jauh untuk mencapainya. Lokasi yang dekat juga berarti kamu tak perlu memotong jatah cuti, karena liburan bisa dilakukan saat akhir pekan.

Foto: Instagram @gunawan.gandrum10

Bila tinggal di Jawa Barat dan sekitarnya, kamu bisa mencoba camping di Nangorak Camp. Terletak di timur laut Gunung Kareumbi, tepatnya di Desa Margamekar, Kabupaten Sumedang, camping ground ini berada tak jauh dari pusat kota Sumedang, sehingga memudahkan traveler untuk mencapai kawasan perbukitan dengan ketinggian berkisar 830 hingga 1.060 mdpl ini.

Selain menawarkan panorama alam yang indah, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan yang masih asri. Dari sini pula kamu bisa mengagumi panorama kota Sumedang, yang makin indah di malam hari dengan kelap-kelip lampu di kejauhan.

Foto: Instagram @wisnuprdt_

Bila langit sedang cerah, kamu bisa memandangi hamparan bintang yang menawan. Jangan lupa bawa kamera dan tripod untuk mengabadikan panorama tersebut. Keesokan paginya, bangun lebih pagi untuk menikmati suasana sejuk dan syahdu khas pegunungan. Dijamin, stres yang menumpuk serasa hilang seketika saat berkemah di sini.

Biaya berkemah di sini Rp20.000 per orang untuk satu malam. Kalau datang bersama keluarga, bisa membayar Rp200.000 per 5 orang untuk satu malam, sudah termasuk sewa tenda gratis.

Foto: Instagram @vianwaey1995

Nangorak Camp juga menyediakan penyewaan peralatan berkemah, seperti tenda Rp60.000, matras Rp15.000, sleeping bag Rp15.000, lampu tenda Rp10.000, dan kompor Rp10.000. Bila ingin membuat api unggun, bisa membeli kayu bakar seharga  Rp10.000 per ikat.

Fasilitas lainnya yang bisa dinikmati pengunjung adalah toilet, listrik (ada tambahan biaya Rp3.000 per unit untuk mengisi daya baterai ponsel, kamera, dan power bank), maupun beberapa spot foto. Kalau membawa kendaraan, kamu bisa parkir di area wisata stroberi, atau bisa dibawa langsung ke lokasi berkemah di Nangorak Camp.

Foto: Instagram @rihandw

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, pihak pengelola Nangorak Camp telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pengunjung yang masuk wajib dicek suhu tubuhnya, mengenakan masker, dan menjaga jarak dengan pengunjung lain. Selain itu, tenda hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas normal.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here