Menengok Keindahan Slili, Pantai Mungil di Gunungkidul

Foto: Dok. Google Maps/Hanif R

Wisatawan yang datang ke Yogyakarta biasanya tak akan melewatkan kunjungan ke Gunungkidul. Kawasan tersebut terkenal akan keindahan pantai-pantainya, yang masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Sebut saja Pantai Slili yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus.

Pantai ini memiliki bentuk unik menyerupai teluk, karena diapit oleh bukit karang yang memisahkannya dengan Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Garis pantainya pun tak sampai 100 meter, terbilang kecil untuk ukuran pantai.

Foto: Instagram @rasydmu

Namun, walau mungil, fasilitas di sini terbilang memadai dengan deretan gazebo dan warung makan, selain juga kafe (Cafe de Slili) yang dilengkapi mermaid net bed (hammock dari jaring-jaring yang digantung menghadap langsung ke pantai). Tempat parkirnya luas dan bisa menampung kendaraan kecil hingga bus. Kalau ingin menginap pun, di sekitar pantai ini banyak akomodasi dengan harga sewa yang terjangkau.

Snorkeling merupakan salah satu aktivitas wajib saat berkunjung ke sini. Tak perlu khawatir bila tak membawa peralatannya dari rumah, karena di sepanjang pantai banyak terdapat tempat penyewaan dengan harga terjangkau, yakni sekitar Rp50.000 per setnya.

Foto: Instagram @naomiradella_

Perairan di sini jernih dan relatif tenang, karena diapit dua bukit. Bawah lautnya sendiri dihiasi terumbu karang yang menjadi rumah bagi banyak ikan karang. Kalau ingin mengabadikan pengalaman tersebut namun tak membawa kamera underwater, biasanya penyedia alat snorkeling juga menawarkan jasa foto maupun pemandu.

Puas bermain air, kamu bisa berfoto di beberapa spotnya yang menarik, seperti di batu karang yang bentuknya menyerupai lorong. Opsi lainnya, kamu bisa mendaki bukit di kanan kiri Pantai Slili untuk melihat pemandangan pantai-pantai di Gunungkidul, hamparan luas lautan biru, dan perbukitan hijau di tepi pantai.

Foto: Instagram @kevhinungga

Tanpa terhalang apa pun, kamu bisa leluasa berfoto di sini. Namun karena medannya relatif licin, berhati-hatilah ketika berpijak menaiki bukit ini agar tidak terpeleset. Selain itu, disarankan untuk mendaki sore demi menikmati momen tenggelamnya matahari dengan langit yang berubah warna menjadi kuning kemerahan.

Pantai ini buka sepanjang hari, sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Namun khusus hari Jumat, Pantai Slili ditutup guna dilakukan pembersihan maupun penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitasnya.

Foto: Instagram @y.tsn

Dari pusat kota Yogyakarta, letak Pantai Slili sekitar 63 km jauhnya, atau bisa ditempuh dengan dua jam berkendara. Biaya masuknya Rp10.000 per orang. Kalau ingin menyewa gazebo, biayanya Rp30.000 per dua jam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here