Cara Asyik Berkeliling Taman Margasatwa Ragunan: Bersepeda!

Foto: Instagram @fpksdkijakarta

Seiring dengan kian populernya kegiatan bersepeda, semakin banyak pula rute atau destinasi baru yang dituju oleh para penyuka gowes. Tak ketinggalan, Taman Margasatwa Ragunan pun turut disasar untuk dijadikan rute gowes. 

Nah, buat kamu yang tinggal tak jauh dari Taman Margasatwa Ragunan, kebun binatang seluas 147 hektar tersebut bisa menjadi opsi lokasi gowes. Sembari berolahraga, kamu juga bisa sekalian berwisata untuk menikmati koleksi flora dan fauna yang ada di sana. 

Jalur yang disediakan cukup luas dan panjang untuk bersepeda, dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya. Dengan demikian, hawanya pun terasa lebih sejuk dan segar, sementara mata pun dimanjakan dengan hijaunya alam. Serasa liburan di luar Jakarta!

Di dalam kebun binatang, mobil dilarang melintas, jadi bersepeda di sini terbilang aman. Namun, karena mesti berbagi jalur dengan pejalan kaki, tetap berhati-hati ya saat bersepeda. Medannya pun tak melulu datar, ada tanjakan dan turunan, sehingga lumayan menguras tenaga. 

Foto: Instagram @z0e4kbar

Nah, tergantung preferensi, kamu bisa mengikuti papan tanda yang tersedia, ingin melihat satwa yang mana dulu. Koleksinya lumayan lengkap, dari aneka burung, reptil, hingga mamalia. Kamu bebas berkeliling dari satu kandang ke kandang lainnya. Kalau lelah, di beberapa titik pun sudah disediakan tempat duduk untuk beristirahat.

Biaya masuk Taman Margasatwa Ragunan sangat terjangkau, yakni Rp5.000 saja, sudah termasuk Rp1.000 untuk biaya sepeda. Tiket tersebut bisa kamu beli secara online di bit.ly/PesantiketTMR sehari sebelum kunjungan.

Foto: Instagram @z0e4kbar

Kalau kamu datang kemari tanpa membawa sepeda, tak perlu khawatir, karena di lokasi juga sudah disediakan penyewaan sepeda. Harganya mulai Rp10.000 per jam untuk sepeda tunggal dan Rp15.000 per jam untuk sepeda ganda. 

Sejak dibuka kembali pada 13 Maret lalu, Taman Margasatwa Ragunan beroperasi tiap Selasa-Minggu pukul 07:00-14:30. dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk membatasi pengunjung maksimal 2.000 per hari, serta mewajibkan pengunjung untuk mengenakan masker, membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak fisik. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here