Melihat Koleksi Museum Louvre di Paris secara Gratis, Begini Caranya

Semenjak pandemi, banyak museum di dunia yang harus berhenti beroperasi untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19. Mereka kemudian beramai-ramai meluncurkan tur virtual agar para penikmat seni dan budaya dapat tetap ‘mengunjungi’ museum – meski hanya lewat layar smartphone atau gawai elektronik lainnya di rumah.

Terakhir, Museum Louvre di Paris turut meluncurkan tur serupa untuk memajang seluruh koleksinya. Menariknya lagi, seluruh koleksi ini bisa disaksikan secara gratis! 

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah, semua orang bisa mengakses seluruh koleksi museum kami lewat komputer atau smartphone secara gratis, baik untuk koleksi yang tengah dipajang di museum, dipinjamkan, atau disimpan di ruang penyimpanan,” kata Presiden Direktur Museum Louvre Jean-Luc Martinez dalam pernyataan pers. 

Setidaknya ada 480.000 karya seni yang ditampilkan. Beberapa di antaranya yang populer, seperti “Winged Factory”, “Venus de Milo”, dan “Mona Lisa”, juga turut dipamerkan, bersama ribuan objek lainnya, dari sketsa, lukisan, patung, perhiasan, perabotan, tekstil, hingga artefak bersejarah. 

Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat patung-patung yang menghiasi Taman Tuileries dan Carrousel yang terletak di dekat museum, selain juga koleksi lainnya dari Musée National Eugène Delacroix. 

Untuk melihat seluruh koleksi ini, kamu dapat mengunjungi collections.louvre.fr/en/. Di laman tersebut, kamu tinggal memilih, ingin melihat kategori yang mana dulu, entah lukisan, patung, perhiasan, dan lainnya. Setelah itu, kamu bisa menggunakan fitur filter untuk menyaring kategori tersebut berdasarkan lokasi dipajang atau asal pembuatnya.

Kalau tak yakin ingin memulai dari mana, kamu bisa menggunakan peta interaktif untuk menjelajah ruangan museum secara virtual. Kamu juga dapat menelusuri karya seni tertentu, atau mencari koleksi berdasarkan tema yang dibuat oleh tim kurator museum.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here