Menjajal Ritual Spa Asli Indonesia di Gaya Spa

Meluangkan waktu untuk memanjakan tubuh dan pikiran itu sangat penting, terutama setelah berhari-hari menjalankan aktivitas yang padat. Kalau tak memiiliki waktu lebih untuk staycation, sekadar menikmati spa juga cukup untuk mengusir rasa lelah dan penat.

Nah, kalau kamu tertarik menikmati spa yang lain dari biasanya, tak ada salahnya untuk menjajal ritual spa tradisional yang unik. Tak kalah dengan perawatan spa dari luar negeri, ritual spa tradisional ini menggunakan bahan-bahan alami yang kaya manfaat. Efeknya pun seketika merilekskan tubuh dan menghilangkan stres. 

Foto: Dok. Gaya Spa

Menariknya lagi, di Jakarta, kamu dapat menjajal beragam perawatan spa tradisional dari berbagai daerah di Indonesia ini di satu tempat, tepatnya di Gaya Spa. Terletak di Jalan Wolter Monginsidi No. 25 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tempat spa ini memang terkenal dengan berbagai ritual spa ala nusantara yang bahkan tak banyak diketahui oleh orang Indonesia sendiri. 

Sebut saja Lulur khas Jawa, Boreh khas Bali, So’oso khas Madura, Tangas khas Betawi, Tellu Sulapa Epa khas Bugis, atau bahkan Martup khas Batak. Semua terapinya dilakukan dengan teknik dan kekhasan daerah masing-masing. Unik bukan?

Foto: Dok. Gaya Spa

Menariknya lagi, kamu bisa sekalian bertanya seputar ritual spa tersebut kepada sang terapis. Misalnya, Bakera khas Minahasa yang awalnya ditujukan untuk perawatan tubuh wanita sehabis melahirkan. 

Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Minahasa yang meyakini perlunya ada unsur panas dan dingin dalam tubuh manusia. Setelah melahirkan, tubuh wanita dipercaya dalam kondisi lemah dan dingin, sehingga perlu memasukkan unsur panas ke dalam tubuh. 

Seiring waktu, Bakera tak hanya ditujukan untuk kaum hawa, namun juga kaum adam, untuk merilekskan tubuh, memperbaiki sirkulasi darah, dan membuang racun pada tubuh. Di Gaya Spa sendiri, ritual Bakera berlangsung selama tiga jam yang meliputi footbath, aromatherapy body compress, body scrub, pijat tubuh, pijat muka, body steam, serta hair and scalp treatment.

Foto: Dok. Gaya Spa

Ada pula Batangeh khas Minang yang merupakan sauna tradisional untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Sauna ini dilakukan dengan cara duduk di kursi, di mana di bawah kursi terdapat steam yang berisikan berbagai macam rempah yang memiliki efek penyembuhan.

Paket spa selama tiga jam di Gaya Spa dibanderol dengan harga Rp899.000. Ada pula pilihan paket berdurasi dua jam dengan harga Rp689.000. 

Opsi lainnya, kamu dapat menikmati layanan spa tersebut secara terpisah. Misalnya, untuk pijat tradisional selama 60 menit harganya Rp275.000, 90 menit Rp150.000, dan 120 menit Rp390.000. 

Foto: Dok. Gaya Spa

Ada pula perawatan lainnya, seperti facial, manicure dan pedicure, waxing, refleksologi, pijat khusus wanita hamil, serta hair spa. Tergantung jenis perawatan, harganya bervariasi, yakni mulai Rp80.000 hingga Rp585.000. 

Selama pandemi, Gaya Spa beroperasi dengan menerapkan serangkaian protokol untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para tamunya. Selain wajib mengenakan masker dan dicek suhu tubuhnya sebelum masuk, tamu wajib mengganti alas kaki (disediakan oleh staf) sebelum masuk untuk menjaga kebersihan. 

Staf juga akan menyemprotkan disinfektan secara berkala pada beberapa titik, termasuk pintu masuk dan tempat penyimpanan alas kaki, selain juga seluruh area Gaya Spa. Sementara terapis wajib mengenakan masker dan face shield saat melayani tamu, serta selalu menjaga kebersihan tangan. 

Sebelum kedatangan, tamu wajib reservasi dengan menghubungi WhatsApp 08111 99 386. Pembayaran akan menggunakan cardless untuk mencegah penyebaran virus. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here