Resmi Dibuka, Yuk Cobain Downhill di Palutungan Bike Park!

Foto: Dok. Google Maps/Kuswandono TS

Buat kamu yang sedang mencari trek-trek seru untuk melatih kemampuan di lintasan downhill, ada trek baru yang bisa kamu coba di lereng kawasan Taman Nasional (TN) Gunung Ciremai. Namanya Palutungan Bike Park.

Walau baru diresmikan awal Januari 2021 lalu, trek ini sebenarnya sudah banyak dicoba oleh para pesepeda dari kota-kota di Jawa Barat maupun sekitarnya. Tak heran, karena trek yang dirancang untuk pencinta downhill ini punya jalur menantang dengan turunan tajam dan trek menikung. 

Foto: Instagram @dikifarhanm

Titik start-nya tak jauh dari Kopi Tandjak, sebelum dilanjutkan dengan trek yang menembus hutan hingga berakhir di dekat Bumi Perkemahan Palutungan. Dilengkapi beberapa obstacle, termasuk drop, berm, dan tabletop, lintasan sepanjang dua kilometer ini cocok untuk pesepeda yang ingin mempelajari teknik dasar maupun menguasai medan. 

Karena treknya berada di dalam hutan, selama bersepeda pun kamu bakal dihibur dengan pemandangan pepohonan pinus di sekeliling. Pepohonan ini jugalah yang biasanya menjadi latar sempurna untuk berfoto. 

Foto: Instagram @gunung_ciremai

Lokasi bike park ini sendiri di Lempong Balong, Desa Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Kawasan ini sudah dikenal dahulu sebagai zona rehabilitasi ekosistem di Gunung Ciremai. 

Walau sudah ada fasilitas baru, fungsinya tak ditinggalkan. Pengunjung malahan diajak untuk turut berkontribusi melestarikan habitat satwa dan tumbuhan dengan membayar biaya masuk sebesar Rp25.000 per orang. Dengan biaya tersebut, kamu sudah terlibat langsung dalam program adopsi pohon maupun program konservasi hutan agar tetap lestari. 

Foto: Instagram @tyo_cahyadi92

Palutungan Bike Park buka setiap hari, yakni pukul 07:00 hingga 16:00. Namun, bike park ini terutama ramai di akhir pekan dengan pesepeda yang datang dari berbagai penjuru kota. Bila ingin datang bersepeda di sini, pastikan mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Sepeda yang digunakan tak wajib downhill, bisa sepeda gunung apa saja. Kalau belum terbiasa melintas di downhill, pihak pengelola siap memberikan panduan soal teknik dan situasi medan, jadi para pemula pun tak perlu khawatir.

Foto: Instagram @rudi_lember

Untuk mencapai lokasi, kamu dapat berkendara dari pusat kota Cirebon dengan jarak tempuh 40 kilometer, atau sekitar 1,5 jam berkendara. Kalau dari pusat kota Jakarta, jaraknya 250 kilometer, atau sekitar 4,5 jam berkendara via Jalan Tol Cikopo-Palimanan. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here