Gowes Nanjak ke Km 0 Sentul, Enaknya Lewat Jalur Mana?

Foto: Instagram @fathurmotret

Sudah biasa bersepeda di dalam kota dan ingin mencari rute yang lebih menantang? Tak jauh dari Jakarta, tepatnya di kawasan Sentul, Bogor, ada satu rute yang populer di kalangan pesepeda. Rute Km 0 Sentul namanya.

Berjarak sekitar 10 kilometer dari Sentul City, rute ini terutama difavoritkan penyuka tanjakan. Selain curam, tanjakannya pun lumayan panjang, sehingga bisa menjadi tantangan sendiri untuk menguji kekuatan mengayuh sepeda.

Foto: Instagram @gelaelized

Lokasi Km 0 Sentul ini sendiri ada di ketinggian 650 mdpl. Jadi, pesepeda naik 450 mdpl dari titik mula di Sentul City yang berada di ketinggian 200 mdpl. Total elevasi yang didapat tentu berbeda kalau titik mulanya berada di lokasi lain.

Ada dua pilihan jalur yang bisa kamu pilih, yakni Rainbow Hills dan Taman Budaya. Jalur pertama lebih jauh jaraknya, yakni mencapai 15 km bila berangkat dari Ruko Plaza Niaga, Sentul City. Sementara jalur via Taman Budaya jaraknya 10 km.

Foto: Instagram @fathurmotret

Walau lebih jauh, jalur Rainbow Hills memiliki medan yang tak terlalu curam dan lebih cocok untuk para pemula. Jalanannya pun bagus dan lebar, sehingga tak perlu khawatir berebut ruas jalan dengan kendaraan bermotor yang lewat.

Sementara jalur Taman Budaya lebih disukai penyuka tanjakan memiliki total lima tanjakan sebelum mencapai Km 0. Tanjakan pertama dimulai saat sepeda diarahkan ke Taman Budaya, diikuti oleh tanjakan kedua yang dikenal sebagai Tanjakan Gergaji saat menuju Bojong Koneng.

Foto: Instagram @thambusay99

Tanjakan selanjutnya adalah Tanjakan Curug, Tanjakan Kayangan, dan Tanjakan SD Bojong Koneng, sebelum akhirnya sampai di titik Km 0 Sentul. Kalau ditotal, jarak tanjakan tersebut mencapai 6 km. Lumayan menguras tenaga, sehingga kamu wajib mempersiapkan fisik dan logistik dengan baik.

Pemula juga dapat menjajal rute ini untuk melatih mental bersepeda. Namun, akan lebih baik bila didampingi pesepeda yang sudah berpengalaman untuk memandu dan membantu menyemangati. Jangan pula terlalu ngoyo di awal dan atur napas dengan baik, sehingga benar-benar bisa finis di titik akhir.

Foto: Instagram @dina_maalika

Setibanya di lokasi, kamu dapat berfoto dengan latar pasak Km 0 Sentul sebagai pengingat akan jerih payah yang telah dilalui untuk mencapai tempat tersebut. Bila ingin melepas lelah, tersedia pula warung maupun kafe di sekitar titik Km 0 Sentul ini yang bisa menjadi lokasi untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan di sekitarnya. Dari sana, kamu dapat gowes kembali ke Sentul City, atau melanjutkan bersepeda ke area yang lebih tinggi dan mengunjungi beberapa curug yang ada di sekitarnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here