Gowes Cangar-Batu, Sekalian Mampir Titik Nol Sungai Brantas

Tak jauh dari Malang, tepatnya di Batu, Jawa Timur, ada sebuah rute sepeda yang bakal memanjakan mata dengan hijaunya perkebunan dan persawahan. Rute Cangar namanya.

Berada di ketinggian di atas 1.600 mdpl, kawasan yang terkenal dengan pemandian air panasnya ini memang memiliki alam yang asri, dengan hutan rimbun di sekelilingnya. Sepanjang perjalanan, kamu bakal disuguhi dengan pemandangan petak-petak sawah dan perkebunan warga, serta pegunungan sebagai latarnya.

Bagi penyuka tanjakan, gowes bisa dimulai dari Alun-alun Kota Batu hingga tiba di Cangar. Namun, tanjakan ini sangat menantang karena tak ada turunan sama sekali. Belum lagi jaraknya lumayan jauh. Sebagai gantinya, kamu dapat memulai gowes dari Cangar, lalu menurun menuju Batu.

Titik start-nya bisa dimulai dari gerbang Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Kalau gowes bersama rombongan, bisa menyewa mobil pickup untuk mengantarkan ke lokasi. Opsi lainnya adalah membawa kendaraan sendiri, lalu memarkirkan kendaraan di lokasi parkir pemandian.

Rute yang dilalui sendiri bukan jalur beraspal yang dilewati kendaraan bermotor, melainkan jalan setapak yang digunakan warga setempat untuk mengangkut hasil bumi. Uniknya, di awal perjalanan, kamu harus melalui tanjakan makadam sejauh sekitar satu kilometer.

Kalau tak kuat, kamu bisa menuntun sepeda hingga ke puncak bukit. Sepanjang perjalanan, kamu dapat menikmati pemandangan petak-petak sawah, pegunungan, dan hutan yang masih asri. Panorama kota Malang pun dapat terlihat dari puncak.

Foto: Instagram @gd_santika515

Setelah beristirahat sejenak, kamu dapat memulai gowes dengan jalur turunan yang lumayan curam. Di musim penghujan, jalur ini lebih licin dari biasanya, karena itu pastikan sepeda dalam kondisi prima.

Melintasi Sungai

Setelah sekitar 15 menit, kamu akan tiba di area belakang Arboretum Sumber Brantas. Berbeda dengan jalur sebelumnya, jalanan di area ini sudah berupa paving block. Pemandangannya sendiri berupa taman-taman bunga yang indah, hingga 200 meter kemudian tiba di titik sumber air.

Foto: Instagram @gd_santika515

Di sinilah titik nol Sungai Brantas berada. Ada setidaknya 3.000 pohon dari berbagai jenis yang berbeda yang hidup di sekitar mata air tersebut, dengan beberapa di antaranya termasuk jenis yang dilindungi. Tak heran bila kawasan ini sangat rimbun.

Di dekat sumber air ini juga ada tangga untuk turun bagi pengunjung yang ingin merasakan langsung betapa segar dan jernihnya air tersebut. Konon, airnya diyakini memiliki khasiat membuat awet muda.

Foto: Instagram @sam_uyabb

Dari sini, lanjutkan perjalanan melewati turunan dengan medan yang melewati jalanan beraspal maupun jalanan tanah di sekitar persawahahan. Kamu bahkan akan melintasi sungai yang airnya berasal dari sumber air di Arboretum Sumber Brantas.

Perjalanan kemudian dilanjutkan memasuki hutan pinus dengan jalur yang masih menurun, melintasi Bumi Perkemahan Coban Talun, perkebunan apel di daerah Selecta, hingga akhirnya sampai di pusat kota Batu. Selesai sudah perjalanan bersepeda yang menempuh jarak sekitar 20 kilometer ini.

Tip Gowes di Rute Cawang-Batu

  • Saat musim kemarau, jalurnya cukup berdebu, sehingga rute ini biasanya dilintasi ketika musim penghujan. Pemandangannya pun lebih indah dengan tumbuhan yang menghijau sempurna. Namun, pastikan berhati-hati karena jalurnya lumayan licin, terlebih setelah hujan turun.
  • Sebelum melaju di jalur ini, pastikan kamu sudah cukup lihai mengendarai sepeda gunung, dapat mengganti gigi dengan mudah saat medan berubah, dapat memakai rem cakram dengan baik, serta sudah pernah melintasi jalur menurun melalui tanah dan makadam.
Foto: Instagram @dardirii
  • Tetap patuhi protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker dan membawa masker cadangan. Hindari pula bersepeda bersama rombongan besar untuk menghindari kerumunan.
  • Bila tak membawa sepeda sendiri, di Malang ada beberapa fasilitas penyewaan sepeda. Sebut saja Malang Fun Cycling yang menyewakan sepeda gunung (MTB) Rp175.000 per hari, sudah termasuk helm dan antar jemput untuk area kota Malang. Jenis sepedanya sendiri antara lain Polygon Premier 4,  Polygon Xtrada 5, Thrill Vanquish, atau sekelasnya. Malang Fun Cycling juga menyediakan jasa marshall atau pemandu untuk bersepeda di rute Cangar-Batu. Untuk detail harganya, kamu bisa cek langsung ke situs resminya atau hubungi 0812 1753 1838.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here