Ngaku Pencinta Seni? Kunjungi Cemara 6 Galeri-Museum Yuk!

Foto: Dok. Google Maps/Dewangga Channel

Karya seni sangat digemari oleh sebagian besar orang. Bukan hanya karena indah dipandang mata, tetapi juga syarat akan makna yang ingin disampaikan oleh sang seniman. Tak heran bila banyak galeri, pameran, atau acara yang berhubungan dengan seni selalu ramai dikunjungi.

Salah satunya adalah Cemara 6 Galeri-Museum yang terletak di bilangan Jakarta Pusat, tepatnya di Jl. HOS. Cokroaminoto No. 9-11, Menteng. Galeri dan museum ini merupakan milik Toeti Heraty, seorang tokoh penting dalam dunia filsafat dan kebudayaan di Indonesia, sehingga tempat tersebut juga dikenal dengan nama Museum Toeti Heraty.

Foto: Dok. Google Maps/rondang aritonang

Cemara 6 Galeri-Museum didirikan pada 27 November 1993, tepat pada hari ulang tahun Toeti Heraty yang ke-60. Berawal dari kecintaannya pada kehidupan dan keyakinan bahwa seni adalah sebuah jalan untuk menjadikan Indonesia lebih ekspresif dan kreatif, dengan mantap diresmikanlah ruang privatnya untuk bisa dinikmati masyarakat luas sebagai galeri dan museum.

Area seluas 1.500 meter persegi tersebut terdiri dari beberapa ruangan, antara lain ruang pameran, ruang rapat, auditorium, kafe yang menyajikan menu Eropa, serta perpustakaan dengan sekitar 6.000 buku koleksi pribadi Toeti Heraty dari berbagai dunia dan bahasa. Selain masih menjadi tempat tinggal Toeti Heraty, lokasi ini juga menyediakan lima unit kamar homestay dengan harga sewa Rp350.000 per malam.

Foto: Instagram @cemara6cafe

Di dalam museum, kamu bisa melihat koleksi benda-benda seni yang menarik, seperti patung karya F. Widayanto, memorabilia keluarga Toeti Heraty, dan sekitar 300 lukisan dari old master hingga kontemporer, antara lain lukisan karya Salim, Zaini, Sudjojono, Otto Djaja, Agus Djaja, Basoeki Abdullah, Affandi, Nashar, Hendra Gunawan, Bagong Kusudiardjo, dan lain-lain. Sejumlah pameran lukisan maupun pertunjukan seni, seperti tari, musik, dan sastra, juga sesekali digelar di sini.

Cemara 6 Galeri-Museum buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 10:00 hingga 21:00. Bila berniat datang ke sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Toeti Herati akan menyambut kamu layaknya tamu pribadinya. Kamu bisa mengetahui info pameran atau acara yang digelar di Cemara 6 Galeri-Museum dengan mengikuti akun Instagram @cemara6galerimuseum.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here