Westlake Ultra, Adu Kuat Lari 24 Jam Tanpa Henti

Beberapa bulan belakangan ini memang tak mudah mencari lomba lari yang pesertanya berkumpul di suatu tempat. Kebanyakan lomba lari yang ada digelar secara virtual untuk menghindari kerumunan. 

Bagi yang sedang mencari info lomba lari yang bisa diikuti dalam waktu dekat, Westlake Ultra 24 Hours yang digelar April mendatang bisa jadi pilihan. Meski namanya ultra, konsepnya bukan lomba yang berdasarkan jarak tempuh, melainkan waktu. 

Seperti yang kita ketahui, lomba lari maraton ultra, atau yang biasa disebut juga sebagai ultra running atau ultra distance, biasanya mewajibkan peserta untuk menempuh jarak yang lebih jauh dari maraton biasa, yaitu 42 km. Biasanya, jarak lari maraton ultra bisa di atas 50 km, atau bahkan di atas 150 km. 

Uniknya, Westlake Ultra 24 Hours justru menantang peserta untuk berlari mengelilingi danau di The Westlake Hotel & Resort Yogyakarta dengan pilihan waktu 12 atau 24 jam. Peserta dapat mengatur sendiri kecepatan berlari mereka maupun menentukan jarak yang ingin mereka capai. 

Foto: Dok. The Westlake Hotel & Resort Yogyakarta

Danau di kawasan resor itu sendiri terbilang mungil, dengan satu putaran jaraknya hanya 750 meter. Jadi, yang ditantang di sini bukan hanya ketahanan berlari peserta, namun juga cara mereka melawan bosan karena pemandangannya itu-itu saja. 

Nantinya penilaian akhir akan berdasarkan total jarak tempuh masing-masing peserta. Peserta dengan jarak terjauh akan menerima voucer dan merchandise dari sponsor pada acara gala dinner, Sabtu (10/4). 

Karena digelar di tengah pandemi, pihak penyelenggara memastikan lomba lari ini akan diadakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, termasuk membatasi jumlah peserta maksimal 100 peserta untuk masing-masing kategori.  

Peserta lari kategori 24 jam akan memulai lomba Jumat (9/4) pukul 17:00, sementara peserta lari kategori 12 jam menyusul start pada Sabtu (10/4) pukul 05:00. Semua peserta akan finis pada Sabtu (10/4) pukul 17:00. 

Foto: Instagram @raissatito

Biaya registrasi adalah Rp1.500.000 per orang, sudah termasuk akomodasi dua malam (sharing room), satu finisher jersey, lima kali makan, sertifikat finisher, layanan medis, dan dokumentasi. Bila datang sendiri dan tak ingin berbagi kamar, tersedia pilihan private room dengan biaya Rp2.500.000 per orang.

Semua peserta juga akan mendapatkan dukungan penuh selama lomba. Pihak panitia akan menyediakan water station dan refreshment di titik start. Tim medis dan fisioterapi pun siap melayani peserta yang membutuhkan. 

Selain itu, masing-masing peserta juga diajak melakukan penggalangan dana untuk kegiatan amal. Tidak ada kewajiban minimal nominalnya. Donasi ini akan digalang sejak pendaftaran peserta sampai dengan satu bulan setelah acara dilaksanakan.

Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut, kunjungi situs resminya di westlakeultra.com. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here