Bagai Negeri di Atas Awan, Pemandangan di Bukit Cumbri Ini Bikin Takjub

Sebagai destinasi wisata, nama Wonogiri memang masih terdengar asing di kalangan turis. Padahal, kabupaten di Jawa Tengah ini menyimpan potensi wisata alam yang tak bisa diabaikan, dengan keindahan yang tak kalah dengan destinasi lain yang sudah lebih dahulu populer.

Salah satunya yang difavoritkan warga lokal adalah Bukit Cumbri yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, atau tepatnya di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro. Disebut-sebut sebagai salah satu bukit terindah di Jawa, bukit yang berada di ketinggian 638 mdpl ini menyuguhkan panorama alam perbukitan hijau di sekitar Wonogiri dan Ponorogo.

Foto: Instagram @manz007_

Karena medannya mudah, bukit ini pun kemudian kerap disambangi oleh para pemburu sunrise maupun sunset yang tak ingin bersusah payah melalui jalur yang ekstrem demi mendapatkan pemandangan yang indah. Letaknya yang berada di perbatasan dua provinsi juga membuat bukit ini dapat diakses dari beberapa pintu pendakian.

Jalur pendakian yang biasanya dilalui pendaki adalah jalur Biting. Meski medannya terbilang lebih sulit, dengan jalan setapak yang menanjak dan jurang yang menganga lebar di sisi-sisinya, pemandangan di jalur ini lebih indah. Untuk mencapai puncak, rata-rata pendaki membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Foto: Instagram @rooney_zam

Mendaki Bukit Cumbri dapat dilakukan menjelang matahari terbit, sehingga setibanya kamu dapat menikmati pemandangan perbukitan yang berselimutkan kabul tebal. Tak heran bila kemudian destinasi ini disebut-sebut bagai negeri di atas awan.

Namun, perlu usaha lebih untuk mendapatkan foto cantik saat sunrise di Bukit Cumbri. Kamu mesti mendaki sekitar pukul 03:00 untuk ke puncaknya. Belum lagi setibanya di puncak mesti rela mengantre dengan pengunjung lain demi mendapatkan jepretan apik. Karena itu, sebaiknya berkunjung kemari di luar hari libur untuk menghindari keramaian.

Sejumlah orang juga memilih untuk bermalam dengan mendirikan tenda di puncaknya. Namun, opsi ini tidak direkomendasikan karena tanah lebar di puncaknya tak begitu banyak. Lagipula, durasi pendakiannya pun terbilang singkat.

Foto: Instagram @fikrilifetrip

Untuk memasuki kawasan ini, kamu tak perlu membayar tiket masuk, melainkan cukup membayar biaya parkir kendaraan, yakni Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Dari pusat kota Wonogiri, Bukit Cumbri dapat diakses dengan berkendara sekitar 1,5 jam via Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo. Mendekati lokasi, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah ke Gunung Cumbri yang terpasang di sepanjang jalan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here