3 Pantai di Banyuwangi Ini Cocok untuk Lokasi Berkemah

Berkemah di tepi pantai bisa menjadi ide liburan akhir pekan yang menyenangkan. Kamu dapat melewatkan waktu berkualitas bersama pasangan maupun keluarga dengan ditemani suara deburan ombak. Menjelang sore, kamu pun dapat duduk-duduk di hamparan pasir putih sembari menanti matahari terbenam dan bintang bertaburan di langit.

Tanpa perlu jauh-jauh ke Bali, inilah rekomendasi pantai di Banyuwangi yang cocok sebagai lokasi berkemah.

1. Pantai Pulau Merah

Mereka yang pernah ke Banyuwangi tentu tak asing dengan pantai ini. Berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, pantai ini sudah lama terkenal di kalangan peselancar karena perairan di sekitarnya memiliki ketinggian ombak hingga lima meter.

Foto: Instagram @elmandakrisna

Selain itu, pantai cantik di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran ini juga populer karena pemandangan matahari terbenamnya yang mengesankan, dengan siluet Pulau Merah di seberang pantai yang menambah efek dramatis. Sembari duduk-duduk di dalam tenda, kamu pun dapat menikmati keindahan pemandangan ini hingga senja tenggelam dan langit berganti malam.

Foto: Instagram @dikapebriyanta

Pantai Pulau Merah dapat diakses dengan berkendara sekitar dua jam dari pusat kota Banyuwangi. Biaya masuk pantai ini adalah Rp10.000 per orang.

2. Pantai Teluk Hijau

Berjuluk Green Bay, pantai yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini sangat cocok untuk lokasi berkemah karena lingkungannya yang masih asri dengan pepohonan rindang di sekitar pantai, hamparan pasir putih yang bersih, dan ombak yang cenderung tenang.

Lokasinya pun masih terpencil dan tak banyak orang yang rela jauh-jauh datang kemari, sehingga kamu pun dapat menikmati suasana yang benar-benar jauh dari keramaian, selain merasa lebih dekat dengan alam.

Bila ingin berenang, kamu dapat langsung menjumpai ikan-ikan kecil di bibir pantai. Bahkan, kamu dapat memancing ikan di sini, lalu membakarnya di area berkemah untuk santap malam.

Untuk mengakses pantai ini, mulailah perjalanan ke Pantai Rajegwesi terlebih dahulu. Setibanya, lanjutkan dengan naik ojek sekitar 10 menit dengan biaya Rp10.000 per orang, kemudian berjalan kaki menuruni bukit sejauh satu kilometer hingga tiba di pantai. Akses jalannya sudah bagus berupa cor beton selebar 1,5 meter.

Foto: Instagram @anankirioke

Opsi lainnya adalah naik perahu nelayan langsung ke Pantai Teluk Hijau dengan biaya sekitar Rp25.000 per orang untuk sekali jalan atau Rp35.000 untuk dua arah. Kapasitas perahu sekitar 6-8 orang, dengan durasi perjalanan sekitar 15-20 menit. Namun, perahu ini tak bisa beroperasi bila ombak sedang tinggi.

3. Pantai Rajegwesi

Masih dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Rajegwesi ini tak sepopuler Pantai Teluk Hijau. Namun, pesonanya tak kalah menawan dengan perairan pirus yang terhampar di depan mata. Karena ombaknya yang cenderung tenang, kamu pun dapat bermain air dan berenang di tepiannya. Hanya saja, tetap berhati-hati melangkah ya, karena banyak bebatuan yang tersebar di pantai ini.

Foto: Instagram @irsya.id

Bila tertarik bermalam di sini, kamu dapat mendirikan tenda di hamparan pasirnya. Banyak pepohonan rindang di sini, sehingga lokasinya pun sangat aman untuk berkemah. Fasilitasnya pun cukup memadai, mulai dari kamar mandi hingga warung penjual makanan dan minuman di sekitar pantai, sehingga cocok untuk para pemula.

Foto: Instagram @mshellypa

Pantai Rajegwesi dapat dicapai dengan berkendara selama 2,5 jam dari pusat kota Banyuwangi via Jalan Nasional III. Biaya masuk Taman Nasional Meru Betiri Rp5.000 per orang untuk hari biasa dan Rp7.500 per orang untuk hari libur. Biaya ini belum termasuk biaya berkemah Rp5.000 per orang, serta biaya parkir Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Pihak pengelola hanya menyediakan lahan berkemah, untuk tenda dan perlengkapannya sebaiknya dibawa sendiri.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here